Survei Indikator, Tingkat Keterpilihan Anies Baswedan Naik Tajam

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi. IST

JAKARTA – Tingkat keterpilihan Anies Baswedan pasca dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) RI untuk tahun 2024 pada medio Oktober hingga November 2022 meningkat, dan bahkan melampaui sejumlah tokoh.

Hal tersebut tercatat dalam survei nasional tetap muka yang digelar lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis secara virtual pada Kamis (1/12/2022).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menerangkan, tingkat keterpilihan Anies terpantau lebih tinggi dalam survei November ketimbang bulan September 2022.

“Ganjar sedikit turun dibanding bulan September 2022. Anies naik tajam. Pak Prabowo turun tajam,” ujar Burhanuddin.

Kenaikan tingkat keterpilihan Anies, disebutkan Burhanuddin, pada bulan September tercatat 18,2 persen. Sementara pada survei bulan November mencapai 24,2 persen.

Sementara untuk Prabowo, pada bulan September tingkat keterpilihannya ada di angka 22,5 persen. Namun pada bulan November sebesar 17,9 persen.

Untuk keterpilihan Ganjar, di bulan September sebesar 30,2 persen. Sedangkan pada bulan November di angka 28,6 persen.

“Anies sebelum deklarasi konsisten di peringat ketiga. Tetapi antara Anies, Ganjar dan Pak Prabowo itu secara statistik tidak terlalu berbeda jauh Itu peta sebelum deklarasi,” demikian Burhanuddin menambahkan.

Populasi dalam survei ini sebanyak 1.220 responden dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.