Sungai Cisadea Meluap, Puluhan Rumah di Sindangbarang Cianjur Terendam

Inilah luapan sungai Cisadea yang meradam beberapa kampung yang ada di Desa Muara Cikadu, Kecamatan Sindangbarang. Esya | Pakar

CIANJUR –Intensitas hujan yang cukup tinggi membuat aliran Sungai Cisadea, meluap diwilayah Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Senin (12/9/2022). Akibat meluapnya sungai Cisadea ini, sejumlah kampung di Desa Muara Cikadu, terendam, setinggi sekitar empat meter.

Informasi yang dihimpun jelang malam ketinggian aliran Sungai Cisadea, meluap sekitar pukul 16.30 WIB, berbarengan dengan hujan yang cukup deras dari sejak siang mengguyur wilayah tersebut. Beruntung dalam kejadian bencana tersebut, tidak ada korban jiwa.

Kepala Desa (Kades) Muara Cikadu, Surahman mengatakan, hujan deras yang terjadi membuat aliran Sungai Cisadea, Kecamatan Sindangbarang meluap hingga setinggi empat meter. “Memang hujan deras terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, hingga sore tadi membuat aliran Sungai Cisadea meluap, dan merendam sejumlah kampung,” kata Suherman, kepada wartawan, Selasa(13/9/2022).

Menurutnya, akibatnya sejumlah kampung terendam, masing masing Kampung Loa Jajar, Cisuba, Cikomeng, Bojonggede, Muara Cikadu, dan Cisitu. “Warga jampung yang terdampak banjir tersebut, merupakan permukiman yang berada di bantaran Sungai Cisadea,” terangnya.

Beruntung, kata Surahman, hingga saat ini, tidak ada korban jiwa, namun akibat meluapnya aliran Sungai Cisadea ini, telah merusak satu aliran irigasi. “Saat ini, kami masih terus berkoordinasi dengan pihak RT/RW setempat, dan masih melakukan pendataan terkait dampak luapan aliran Sungai Cisadea,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.