Sungai Cikangkung Terjadi Banjir, Warga Minta Dibangunkan TPT

CIANJUR— Puluhan rumah warga terendam air akibat luapan banjir yang terjadi di Kampung Cikangkung, Desa Sukajadi, Kecamatan Karangtengah. Banjir setinggi 60 cetimeter, akibat luapan sungai Cikangkung dari derasnya air hujan yang mengguyur dari sejak pukul 16.00 WIB hingga malam hari beberapa minggu terakhir ini.


Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa terjadinya bencana banjir disungai Cikangkung, akibat hujan deras dari sejak pukul 16.00 WIB hingga malam. Sehingga puluhan rumah milik warga Kampung Cikangkung, terendam air setinggi 60 cetimeter. Sebelumnya warga meminta pembangunan tembok penahan tanah (TPT) disepanjang aliran sungai Cikangkung tersebut.


“Memang puluhan rumah milik warga yang tinggal disepanjang aliran sungai Cikangkung terendam banjir setinggi 60 centimeter. Kejadian banjir akibat luapan sungai Cikangkung ini, terjadi dari sejak pukul 16.00 WIB hingga malam. Bahkan kejadian ini, sudah dilaporkan warga kepada pihak RT 05/01 Desa Sukajadi. Namun, dari pihak Desa Sukajadi, belum ada yang datang kelokasi banjir ini,” ujar salah seorang warga yang terendam banjiir, Iik Solihin (45) kepada wartawan Selasa (19/10/2021).


Menurutnya, dari tahun ketahun warga yang tinggal disepanjang aliran sungai Cikangkung ini, merasa was-was dihantuai terjadinya banjir dari luapan sungai Cikangkung. Tapi, anehnya hingga saat ini belum pernah ada yang datang dari pihak pemerintah desa maupun atas. “Untuk itu, melalui media, saya “Ijin ingin melaporkan kepada bapak Bupati Cianjur, H Herman Suherman, bahwa warga meminta pembangunan tembok penahan tanah (TPT) disepanjang aliran sungai Cikangkung. Mudah-mudahan saja, bapak Bupati Cianjur merespon keinginan rakyatnya,” kata Iik yang diamini Dadang dan H, Usman.


H Usman menambahkan kenginan warga Kampung Cikangkung benar apa adanya. Karena warga sudah jenuh dengan dibiarkannya aliran sungai Cikangkung. Seharusnya, pak Kades sebagai pimpinan bijak atau bisa mengajak musyarawah warga. Apabila memang tidak bisa mengandalkan dana desa (DD), harus dari dana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. “Warga tidak minta apapun, hanya minta pembangunan tembok penahan tanah (TPT) sepanjang sungai Cikangkung. Mudah – mudahan saja bapak Bupati Cianjur, memerintahkan dinas terkait untuk membantu pembangunan TPT sungai Cikangkung,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.