Sungai Cidurian Cigudeg Meluap, Satu Jembatan Terputus

CIGUDEG – Akibat curah hujan yang cukup deras, mengakibatkan sungai Cidurian meluap hingga membuat banjir bandang. Bahkan infrastuktur jembatan di Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor ikut terputus akibat derasnya air sungai tersebut.

Kepala Desa Sukamaju Dahyudin mengatakan, tadi sore memang sedang hujan dengan curha hujan sekitar 3 jam, kebetulan di hulu sungai di wilayah Desa Kiara Sari, Kecamatan Sukajaya hujan deras.

“Ada satu infrastuktur jembatan yang rusak ya, Alhamdulillah kalo untuk rumah tidak ada hanya saja jembatan darurat terbawa ari sehingga terputus,” ungkapnya kepada Pakar Online melalui via telepon, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, sejauh ini pihaknya sudah memiliki akses jembatan baru dari pembangunan samisade. “Alhamdulillah ya dari pembangunan menggunakan anggaran dari satu milyar satu desa (samisade) itu menjadi jalan alternatif untuk warga, meskipun pembangunan belum mencapai 100 % tapi menjadi akses baru untuk warga meskipun baru pengejaran mencapai 70 %,” jelasnya.

Sebanyak 400 kartu keluarga yang terdampak dalam banjir bandang tersebut antara lain Kampung Cigowong, Mekar Jaya, Taman Sari. Namun, bahan material proyek pemerintah pusat harus ikut tergerus.

Menurutnya, bahkan material pembangunan dari anggaran kementerian harus ikut terbawa oleh derasnya air Cidurian, sehingga pengejaran harus dilakukan dari nol.

“Seperti batu, pasir harus twtbawa arus, ini program dari kementerian untuk pembuatan tebing, bahkan lubang yang sudah di gali sedalam 2 meter dengan panjang 270 meter tertutup kembali,” tuturnya.

Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pihak ke-3 dari penyelanggaraan proyek tersebut dan juga memberikan informasi bahwa beberapa material terbawa derasnya air. “Saat kejadian tadi pun ada para pekerja, sudah kita komunikasi kan ke pihak kontraktor, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Dirinya beserta Muspika Kecamatan Cigudeg meninjau langsung dan memberikan himbauan kepada masyarakat menginginkan kondisi curah hujan yang cukup deras. “Saya pun menghimbau kepada masyarakat terutama yang rumahnya berada di bantaran kali Cidurian agar selalu waspada dan siap siaga, sehingga kita pun mengungsikan beberapa warga ke tempat yang lebih aman,” tutupnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.