Sukses Kelola Modal Usaha, Mantan ODGJ Dapat Kunjungan Dinsos

CIOMAS – Sebut saja Mawar alias EN warga Kampung Pagelaran, Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, akhirnya mendapat Kunjungan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dari Dinas Sosial Kabupaten Bogor ditemani Camat Ciomas Chairuka Judyanto beserta Kepala Puskesmas Ciomas, Kades Pagelaran di temani PSM dan TKSK Ciomas, Rabu (10/03/2021).

Kunjungan Dinsos dan Camat ke kediaman mantan ODGJ tersebut dalam rangka memantau perkembangan pengelolaan bantuan modal Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari pihak Kementrian Sosial melalui Paramartha Cibadak Sukabumi, yang diterima EN alias Mawar untuk modal usaha warung.

Chairuka Judyanto Camat Ciomas mengatakan, EN alias Mawar penderita ODGJ yang sekarang Sembuh, ternyata mampu mengelola usaha Warung kelontongnya dengan baik, bahkan usahanya semakin maju. “Bantuan modal dari pemerintah yang digunakan oleh EN untuk usaha warungnya, sekarang maju pesat. Bahkan Ibu EN juga mampu berbelanja sendiri ke pasar membeli kebutuhan barang yang akan dijual diwarungnya. Malah ia juga cekatan dan terampil dalam melayani pembeli yang berbelanja di warungnya”, kata Camat.

Menurut Camat, proses kesembuhan EN alias Mawar dari penyakit gangguan jiwanya, karena disiplin berobat serta disiplin minum obat. “Awalnya obat yang diberikan Puskesmas ada empat jenis, begitu dinyatakan sembuh, kini tinggal dua jenis obat saja yang harus ia minum. Bahkan ibu EN alias Mawar juga sudah kembali normal bergaul dengan para tetangganya,” bebernya.

Chairuka mengimbau kepada semua Warga Ciomas jika memiliki anggota keluarga yang menderita gangguan jiwa seperti yang dialami EN alias Mawar, agar mau mencurahkan cinta dan kasih sayangnya penuh perhatian. “Karena Kesembuhan para penderita gangguan jiwa, bukan bergantung pada harus rajin mengkomsumsi obat obatan saja, tetapi juga butuhnya perhatian dan curahan kasih sayang dari keluarga sebagai faktor utama proses penyembuhannya,” tukasnya.

Tomi anggota Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan ( TKSK) Ciomas menambahkan, EN alias Ibu Mawar Janda beranak satu yang kini sembuh dari penyakitnya, merupakan salah satu OGDJ yang sudah dua kali mendapat bantuan Kesehatan Jiwa (Keswa) dari pemerintah kecamatan yang ditangani tim medis RS Marzuki Mahdi dan RSUD Ciawi.

“Sedangkan untuk kunjungan dari kantor Dinsos dan Camat Ciomas ke rumah Ibu EN kali ini, tak lain dalam rangka memantau hasil penerimaan bantuan UEP yang digunakan oleh mantan ODGJ tersebut sebagai modal usaha warung kelontongnya,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.