Sudah Lapor ke Si Badra, Warga Genteng Masih Was-was Dihantui Longsor Susulan

Rumah yang dikhawatirkan terkena longsor susulan. IST

BOGOR – Yeni yang merupakan warga Kampung Sukamanah, Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan setiap hari terus dihantui rasa was-was bencana tanah longsor susulan.

Kejadian tanah longsor tersebut sudah terjadi setahun terakhir, hanya saja diperparah karena intensitas hujan deras yang terjadi satu bulan terakhir.

Cepi Andrian Nugroho (27) anak Yeni mengatakan, tanah longsor itu terletak persis di samping rumah milik orang tuanya.

Cepi menjelaskan, kondisi tanah longsor semakin parah paska intensitas hujan yang tinggi selama satu bulan terakhir. Kejadian itu juga membuat rumah milik Yeni retak dan tanah mulai terkikis akibat hujan lebat.

“Bangunan itu terpisah karena tanah yang ada disamping (tembok) udah mulai ke bawah, saat ini sudah ditutup terpal tetapi tidak pengaruh,” kata Cepi, Selasa (14/9/2021).

Menurutnya, karena melihat kondisi tanah yang terus bergerak, untuk sementara setiap hujan deras terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudara yang lebih aman.

“Kamar belakang juga tidak diisi karena khawatir. Tanahnya sudah mulai habis, kondisi semakin parah setelah hujan besar,” ungkapnya.

Cepi memohon ada perhatian dari pemerintah setempat, karena sebelumnya, aku Cepi sudah sempat ada yang meninjau kondisi rumahnya namun belum ada perbaikan.

“Sudah difoto-foto tapi belum ada kelanjutan, sudah ke Si Badra, ke sosial media juga sudah, saya juga bingung,” aku dia.

“Mohon dibantu oleh pemerintah setempat pak,” tukasnya.

Ketika dikonfirmasi, Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh mengaku, akan mengecek lokasi longsor yang menimpa rumah warga di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan.

“Sebentar, saya icek dulu Nanti, saya akan koordinasi dengan lurah,” tutup dia.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.