Sudah Dilarang, Caleg Pendukung Capres Prabowo-Sandi Nekat Pasang APK di Pohon

0
247

BOGOR – Masih mudah ditemukan alat peraga kampanye (APK) di Kabupaten Bogor yang terpaku di pohon. Selain merusak estetika lingkungan, kondisinya merusak keberlangsungan hidup pohon.

Pantauan, APK calon anggota DPR RI Dapil Jawa Barat V Kabupaten Bogor, Hj. Diyah Nur Aeni, menancap kokoh di kanan dan kiri jalan Raya Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Jika dihitung, jumlah APK caleg pendukung capres dan cawapres Prabowo dan Sandiaga Uno itu mencapai puluhan.

“Sudah diproses untuk dilaporkan sebagai pelanggaran pemilu kepada Bawaslu Kabupaten Bogor, karena memasang APK sengan cara dipaku di pohon,” ungkap Koordinator Divisi Pengawasan dan Pencegahan Bawaslu Kecamatan Cisarua, Yufti Yusuf kepada pakuanraya online, Kamis (24/1/2019).

Dijelaskan, berdasarkan pendataan, jumlah APK caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) nomor urut 9 itu sebanyak 80 pohon, artinya terdapat 80 pohon yang dirusak oleh calon wakil rakyat tersebut.

Namun begitu, pihaknya belum melakukan pencopotan terhadap APK tersebut. “Belum (diturunkan), saat ini sedang dilakukan pendataan dan menunggu intruksi Bawaslu Kabupaten Bogor,” katanya.

Yufti mengimbau calon wakil rakyat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, bukan justru memasang APK di tempat yang dilarang.

“Dalam Peraturan KPU Nomor 24 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu ditegaskan terdapat sejumlah tempat yang dilarang untuk dipasang APK, seperti tempat ibadah, fasilitas pemerintah, tempat pendidikan, pohon dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, masyarakat mempertanyakan perilaku calon wakil rakyat yang masih saja nekat memasang APK dengan cara dipaku di pohon.

“Belum jadi wakil rakyat saja sudah merugikan, apalagi setelah duduk nanti. Tidak sadar merusak atau memang tidak paham aturan,” ucap pengemudi ojek online di Cisarua, Asep Saeful Hidayat.

ACHMAD KURNIAWAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.