Sudah Boleh Main di Taman Kota Bogor Asal Penuhi Syarat Ini

Warga kini sudah bisa bermain atau mendatangi taman yang ada di Kota Bogor mulai Senin (14/3/2022). IST

BOGOR – Pemkot Bogor melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) memutuskan membuka lima tanam besar di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2. Pembukaan tanam tersebut dimulai 14 Maret 2022.

“Alhamdulillah, Kota Bogor sudah turun level jadi level 2. Jadi sesuai instruksi pimpinan, pembukaan taman per hari ini tanggal 14 Maret 2022,” terang Kepala Bidang Keanekaragaman Hayati pada Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacky di ruang kerjanya, Senin (14/3/2022).

Kelima taman besar tersebut, antara lain Alun Alun Kota Bogor, Taman Sempur, Taman Ekspresi, Taman Kencana, Taman Heulang dan Taman Peranginan. Taman-taman ini juga, kata Irfan, sudah terdaftar pada aplikasi Peduli Lindungi.

Dijelaskan olehnya, secara teknis pembukaan tanam tetap bagi pengunjung memperhatikan protokol kesehatan. Pihaknya akan mengatur pintu masuk dan keluar bagi masyarakat yang menggunakan tanam maupun saran olahraga.

“Jadi masyarakat masuk melalui pintu yang sudah ditetapkan, dilakukan pengecekan suhu, QR code peduli lindungi, dan juga ditempel stiker untuk memudahkan pemantauan Park Ranger,” paparnya.

Pihaknya juga membatasi jumlah pengunjung dengan kapasitas 75 persen dan jam operasi taman dari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Selain kelima taman tersebut, ia menyebut pembukaan juga dilakukan terhadap taman-taman kecil yang ada di Kota Bogor.

Irfan mengatakan, dalam sepekan tanam nanti juga akan ada penutupan satu hari untuk kegiatan pemeliharaan tanaman dan sebagainya termasuk penyemprotan disinfektan di area tanam.

“Kemungkinan akan ditutup hari Senin atau Selasa karena kami perlu satu hari untuk pemeliharaan tanam, termasuk disinfektan. Karena kalau dilihat taman sering dikunjungi Sabtu Minggu. Setelahnya dibuka kembali,” ungkapnya.

Irfan juga mengatakan, pihaknya akan membahas lebih lanjut teknis secara detail berkaitan penerapan kunjungan di taman-taman tersebut. “Teknis lebih detail akan dibicarakan kembali. Termasuk pemasangan plang pemberitahuan jam operasi dan waktu ketika pemeliharaan tanam,” pungkasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.