Sudah 85 Persen Terisi, Pemakaman di TPU Pondok Rajeg Akan Ditumpuk

Lomba Gali Kubur di TPU Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, berencana menerapkan makam bertumpuk di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rajeg, Cibinong.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika mengatakan, rencana tersebut mulai dipikirkan mengingat kapasitas TPU Pondok Rajeg kini sudah mencapai 85 persen.

“Kalau di kota-kota besar ada makam bertumpuk ya. Nah, Pondok Rajeg nampaknya harus mulai memikirkan yang seperti itu kita akan pikirkan regulasinya,” ujar Ajat, Rabu (30/3/2022).

Ajat menyebut, salah satu penyebab lonjakan keterisian pemakaman di TPU Pondok Rajeg ini disebabkan tingginya angka kasus covid-19 di kabupaten Bogor beberapa waktu lalu.

“Apalagi di masa Covid-19 yang masih tinggi saat itu, sehari bisa sampai 50 jenazah Covid-19 yang dimakamkan di TPU Pondok Rajeg,” bebernya.

Ketika sistem makam bertumpuk tak bisa diterapkan, Ajat mengatakan jika pihaknya akan mencari opsi lain. Salah satu kemungkinannya adalah menambah lahan untuk TPU Pondok Rajeg.

“Jadi langkah-langkah konkret itu sudah harus kami siapkan,” jelas Ajat. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.