Stadion Manahan Solo

Redaktur Pelaksana PAKAR Online, Firman Kusmiazi. IST


Oleh: Redaktur Pelaksana PAKAR Online
Firman Kusmiazi

INDONESIA sukses menggelar perhelatan akbar Piala Dunia U-17 2023. Stadion Manahan yang terletak di jantung Kota Solo menjadi venue laga puncak yang mempertemukan Jerman kontra Perancis.

Usai menonton laga final berkelas yang dimenangkan Jerman via adu penalti, penulis sangat terkesan dengan fasilitas yang ada di Stadion Manahan.

Tak bisa dipungkiri, dari segi penataan, bentuk stadion, dan akses jalan yang lebar sangat membuat nyaman para penonton yang datang ke Kota Solo.

Pembangunan pedestrian di kawasan Manahan saya anggap sangat berhasil. Selter PKL Manahan Solo dibangun berkonsep foodcourt berdampingan dengan jogging track.

Tak hanya itu, keberadaan Selter PKL Manahan Solo telah memberi tempat yang lebih nyaman pada pengunjung atau wisatawan  yang ingin berolahraga atau sekadar jalan-jalan untuk menikmati suasana Kota Solo.

Tampak jelas kalau Selter PKL Manahan Solo mengusung konsep perpaduan atau kolaborasi destinasi sport dan kuliner.

Beragam jajanan tradisional khas Solo dan kuliner nusantara lainnya telah tersaji pada 120  Selter PKL Manahan Solo dan memudahkan pengunjung untuk memilih kuliner kesukaannya.

Proyek penataan kawasan Manahan membangun jalur pedestrian dan selter PKL itu sangat ciamik, mempercantik kawasan Manahan dalam menggelar Piala Dunia U-17 tahun 2023.

Dilihat dari letak geografis, Stadion Manahan di Surakarta cukup strategis. Berdiri megah di tengah-tengah pusat kota, berdekatan dengan stasiun kereta, terminal, bandara, hotel, jalan raya dan pusat perbelanjaan menjadikan Stadion Manahan sebagai salah satu yang paling representatif dalam menggelar event olahraga skala nasional dan internasional.

Stadion ini dibangun dengan model bangun olimpik, yakni adanya lintasan atletik mengelilingi lapangan utama. Dengan maksud stadion bisa menjadi multifungsi tidak hanya untuk venue sepak bola saja.

Selain itu,  stadion ini sempat menjadi barometer sepakbola nasional dalam beberapa tahun lamanya. Oleh PSSI, Stadion Manahan hampir selalu menjadi pilihan kedua setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta untuk venue partai besar. ***






LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.