Spanyol vs Argentina, Sama-sama Butuh Poin

Dani Olmo. IST

BOGOR – PERTANDINGAN sengit dan ketat, bakal tersaji dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020 dari cabang olahraga sepakbola.

Pada lanjutan Grup C, Tim Nasional [Timnas] Spanyol U-23 akan menantang Argentina U-23. Bentrok akan dimainkan di Stadion Saitama 2002, Rabu [28/7/21], malam pukul 18.00 WIB. Pertandingan disiarkan langsung oleh stasiun Televisi Republik Indonesia [TVRI].

Kedua tim tengah dalam kepercayaan diri, setelah memenangi laga kedua grup. La Furia Roja — julukan Timnas Spanyol — menatap laga usai mengalahkan Australia dengan skor 1-0, pada Minggu [25/7/21], kemarin.

Sementara, Timnas berjuluk La Albiceleste — Argentina — juga menang tipis 1-0 atas wakil Afrika, Mesir. Baik Argentina maupun Spanyol sama-sama diunggulkan untuk lolos dari Grup C. Namun, untuk bisa lolos, kedua kesebelasan harus bersaing ketat. Sebab, baik Argentina maupun Spanyol sama-sama baru meraih satu kemenangan.

Pada matchday pertama Spanyol diimbangi Mesir. Sementara Argentina, kalah dari Australia. Di atas kertas kedua tim sama-sama bertabur bintang.

Asuhan Pelatih Luis De La Fuente diperkuat pemain, seperti Pedri, Dani Olmo, Marco Asensio. Sementara skuad asuhan Fernando Batista [Argentina] diperkuat oleh Claudio Bravo dan Alexis Mac Allister. Laga kedua tim diprediksi akan berlangsung sengit dan ketat. Sama-sama butuh poin, Spanyol dan Argentina akan bermain ngotot meskipun tetap hati-hati.

Melihat peluang dan materi tim yang ada, Spanyol justru lebih sedikit dijagokan di laga ini untuk bisa menang atas Argentina dan merebut puncak grup. Sebab, puncak klasemen Grup C saat ini dikuasai Spanyol dengan raihan empat poin dari dua laga.

Sementara Argentina, harus puas menempati posisi ketiga dengan koleksi tiga poin. Situasi ini membuat Argentina berada dalam tekanan besar. Soalnya, Australia yang berada di urutan kedua dengan nilai tiga poin, punya peluang besar untuk mengalahkan Mesir di laga pamungkas.

Itu sebab, mereka harus berjuang habis-habisan saat melawan Spanyol yang jadi salah satu tim favorit juara. Spanyol sendiri hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan satu tempat ke perempat final Olimpiade 2020.

Sebaliknya, tim Matador bisa tersingkir, jika kalah dari Argentina dan di tempat terpisah Australia menang atas Mesir. La Furia Roja tentu tak mau melepas pertandingan terakhir dengan hasil negatif. Kehadiran para pemain Euro 2020 diharapkan bisa jadi kunci keberhasilan mereka di Olimpiade Tokyo.

Hanya sayang, di partai ini, de la Fuente dipastikan tidak akan bisa memainkan salah satu pemainnya di lini tengah, Dani Ceballos, karena mengalami cedera saat membela Timnas Spanyol U-23 di Olimpiade Tokyo 2020.

Meski demikian, Pelatih Spanyol U-23, Luis de la Fuente mengaku, bahwa dirinya tak ragu untuk melakukan rotasi pemain di partai hidup mati melawan Argentina U-23.

Spanyol membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos dari babak fase grup. Saat ini Spanyol masih memimpin grup C dengan raih 4 poin, selisih 1 poin dari Argentina dan Australia.

“Saya tahu siapa pun yang bermain ialah mereka yang sangat bagus. Itu memberi saya pikiran untuk membuat perubahan karena saya tahu itu akan berdampak besar,” kata de la Fuente seperti dikutip dari AS, Senin [26/7/21].

“Kami istimewa, mereka luar biasa karena mereka memberikan segalanya pada pertandingan. Saya merayakan gol Oyarzabal, dia bekerja kerja dan sangat fantastis,” tambah de le Fuente.

“Dia pantas mencetak gol dan lebih dari yang akan dia berikan. Ini adalah buah dari kerja keras semua rekan satu tim untuk mencapai tujuan yang merupakan hal terpenting,” tambahnya.=URI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.