Sosialisasi Sakedik Disdik Kabupaten Bogor

    Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor meluncurkan inovasi Sistem Informasi Kepegawaian Dinas Pendidikan (SAKEDIK). IST

    CIBINONG – Guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemetaan pendataan kepegawaian tenaga pendidik dan kependidikan daerah, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor meluncurkan inovasi Sistem Informasi Kepegawaian Dinas Pendidikan (SAKEDIK).

    Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Hartono Anwar menjelaskan, SAKEDIK merupakan salah satu langkah untuk mendukung program pengembangan e-government.

    “Wilayah Kabupaten Bogor ini sangat luas dengan meliputi 40 kecamatan, maka dari itu kami menciptakan SAKEDIK ini untuk mengefisiensikan pengelolaan pendataan dengan tujuan, manajemen data base tenaga pendidik yang nantinya dijadikan backbonde (Server) bank data,” jelasnya.

    Papar Hartono, SAKEDIK ini memiliki banyak fitur yang futuristic dan userfrendly dengan maksud agar sistem ini mampu digunakan serta dioperasionalkan dengan mudah oleh para operator di masing-masing lembaga.

    “Kedepannya untuk rencana jangka panjang, pemetaan tenaga pendidik dapat dilihat dari aplikasi ini. Selain itu, di dalam sistem tersebut akan terpetakan baik dari masa kerja, pangkat, golongan, lokasi kerja sehingga Disdik dapat dengan mudah memonitoring ketersediaan SDM di setiap kecamatan,” paparnya.

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah mengatakan, tidak menutup kemungkinan data SAKEDIK ini nantinya akan menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan mengenai pemetaan tenaga pendidik daerah.

    “Kondisi yang kami capai yakni, meratanya semua sebaran tenaga pendidik dan kependidikan di wilayah serta tidak membedakan jarak ataupun kondisi, demi terciptanya layanan pendidikan yang efektif, efisien dan universal bagi seluruh masyarakat,” pungkasnya. =ADV

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.