Soal Politik Uang di Pilkades, DPMD Klaim Terus Edukasi Masyarakat Pemilih

Ilustrasi Pemilihan Kepala Desa. IST

CIBINONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor memastikan tahapan Pilkades berjalan sesuai aturan setelah dimonitoring di semua level.

Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldy Yushab mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkades yang terpenting adalah sikap netral yang harus dijaga panitia Pilkades. Untuk itu penting hadirnya panitia tingkat kecamatan di setiap tahapan di desa.

“Itu akan menguatkan panitia di desa, masyarakat pemilih, para calon yakin bahwa panitia di desa melaksanakan semua tahapan,” ujar Renaldy Yushab kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

Selain itu, untuk mengantisipasi politik uang di Pilkades, Renaldi juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah menerima uang demi memilih salah satu calon.

“Masyarakat saat ini sudah semakin cerdas, di desa ini estafet kepemimpinan sangat penting, jadi kita berharap masyarakat tidak cepat terbuai hanya dengan satu hal seperti itu,” bebernya.

Tidak hanya itu, calon kepala desa juga sudah tahu aturan bagaimana konsekuensi jika melakukan politik uang. “Itu sudah masuk ke ranah hukum, itu ada di hukum pidana,” terangnya.

Lebih jauh ia mengatakan, jika pihaknya terus memberikan informasi, pengetahuan kepada seluruh masyarakat baik pemilih, maupun yang akan dipilih bahwa hal-hal seperti itu sudah tidak tepat di tahun 2023 ini.

“Semua tentang pemilihan sudah kita informasikan, juga soal politik uang. Jangan sampai mau dirayu karena uang,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Cisarua Ivan Pramudita mengatakan, tahapan-tahapan Pilkades di Desa Leuwimalang berjalan sesuai aturan.

Soal politik uang, ia minta masyarakat mengawasinya. “Iyah kalau memang ada politik uang yang dimainkan salah satu calon dan terbukti, laporkan. Masyarakat punya kewenangan sebagai fungsi pengawasan,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.