Smarty Pay, Token Kripto Indonesia yang Bertekad Mendunia

Suasana grand launching SPY di Saung Dolken, Jumat (24/12/2021). IST

BOGOR – Mata uang kripto atau crypto currency belakangan ini semakin meningkat popularitasnya di tingkat internasional dan begitu juga di Indonesia.

Terbilang untuk saat ini telah hadir belasan ribu mata uang kripto di pasaran, dan investor asset kripto di Indonesia sudah mencapai lebih dari 5 juta orang. Jumlah tersebut meningkat pesat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Di tengah keriuhan pasar mata uang kripto, Indonesia bukan hanya menjadi penonton atau konsumen saja melainkan sudah ada beberapa mata uang kripto dari hasil karya 100 persen anak bangsa, apalagi diantaranya telah menggunakan teknologi blockchain seperti SPY yang merupakan kependekan dari SmartyPay.

Founder and CEO SPY, Yanton Wirawan mengatakan, SPY diluncurkan sejak Juli 2021 lalu itu, saat ini peminatnya semakin meningkat. Pada periode pra penjualan (pre-sale), sudah ada lebih dari 2.400-an holders SPY yang tercatat di Binance Smart Chain (BSCscan). 

Bahkan, Komunitas peminat SPY di Indonesia yang bergabung di platform percakapan online Telegram telah melebihi 2.400an anggota, sementara jumlah anggota komunitas SPY di tingkat Global jumlahnya telah melebihi 11.000an anggota. 

“Komunitas SPY di Telegram dalam minggu ini juga mulai merambah ke negara-negara lain, seperti Turki, RRT, India, Srilanka, Bangladesh,” ucap Yanton saat grand launching SPY di Saung Dolken, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Jumat (24/12/2021).

Menurut Yanton, ada beberapa hal yang harus dicermati oleh para peminat mata uang kripto, yaitu penggunaan teknologi digital kriptografi, transaksi yang diverifikasi dan dicatat dalam program blockchain, skema ekonomi (tokenomy) pada whitepaper dan underline project atau proyek aset kripto tersebut. 

“Jadi sebaiknya pilihlah mata uang kripto yang memiliki beberapa hal yang telah disebutkan,” jelasnya.

Yanton mengungkapkan, SPY telah melantai di empat bursa trading atau exchanger mata uang kripto, yaitu di DigiAsset Indonesia, serta di bursa luar negeri seperti di HotBit, CoinsBit, dan CoinTiger. 

Bisa dipastikan, lanjut yanton, peminat SPY akan meningkat pesat karena mereka bisa membeli langsung di platform perdagangan online apalagi SPY telah lolos audit keamanan Smart Contract dari perusahaan audit, Techrate. SPY di Bulan Desember ini juga akan dipasarkan di exchanger Latoken dan BKEX.

“SPY mampu menarik perhatian para peminat mata uang kripto, meskipun baru diluncurkan tiga bulan yang lalu. Hal tersebut dikarenakan SPY didukung dengan teknologi blockchain dan proyek aset yang telah lebih dulu berjalan sejak 4 tahun lalu, berbeda dengan token kripto lain yang baru memulai proyek aset setelah mata uangnya diluncurkan,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Smarty akan memperkenalkan berbagai fitur mulai POS Mini yang bisa digunakan untuk pelaku usaha hanya dengan menggunakan smartphone android-nya, serta teknoldgi Decentralize Finance (DeFi) dan kartu. 

“Non-Fungible Token (NFT) yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik atau holder SPY untuk mendapat tambahan aset kripto. Smarty juga berencana akan mengembangkan Play to Earn (P2E) gaming. Semua fitur tersebut akan menjadi keunggulan dari Smarty dan Token SPY. Smarty secara formil juga akan meluncurkan Token SPY yang telah beredar sejak Juli lalu,” terangnya.

Sebagai informasi, Yanton telah mempersiapkan proyek aset sejak 4 tahun lalu di Kota Bogor berupa usaha perdagangan retail dan grosir dengan menggabungkan konsep berbelanja offline serta online. 

Perusahaan tersebut adalah PT. Smarty Sejahtera Indonesia (Smarty), yang mengintegrasikan berbagai sistem transaksi dengan platform digital untuk mengubah pengeluaran menjadi penghasilan agar lebih menguntungkan bagi pelaku usaha dan juga konsumen.

Konsep berbelanja tersebut didukung dengan jaringan warung serba ada di beberapa kota, platform belanja digital di Google Play, marketplace dan aplikasi toko kasir (POS: Point of Sales) Smarty yang semuanya telah terintegrasi.

Kini setiap orang yang menggunakan POS Smarty untuk bertransaksi, akan mendapatkan imbal berupa poin yang bisa dikonversi menjadi SPY sehingga potensi keuntungan menjadi semakin besar.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.