SMAN 1 Babakan Madang Bakal Pertahankan Gelar Sekolah Tunggal Adiwiyata Mandiri

BABAKANMADANG – SMAN 1 Babakan Madang berencana akan mempertahankan gelar setelah meraih penghargaan lomba Adiwiyata tingkat Mandiri dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Kita keluarga besar SMAN 1 Babakan Madang akan mempertahankan gelar Adiwiyata tingkat Mandiri, karena kita salah satu sekolah perwakilan Kabupaten Bogor dan Jawa Barat yang lolos Adiwiyata tingkat Mandiri,” kata Kepala SMAN 1 Babakan Madang, R. Sofian Nirwan kepada PAKAR, pada Kamis 25 April 2024.

Ia mengaku saat lolos Adiwiyata Mandiri, dirinya mendapatkan penghargaan langsung yang diserahkan oleh oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wana Bakti Kementrian LHK.

“Saat dinobatkan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri kita mendapatkan pengharagaan langsung dari Bu Menteri LHK, Siti Nurbaya dan ini menjadi point kita untuk menjadikan contoh bagi sekolah yang ada di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Ia menuturkan bahkan SMAN 1 Babakan Madang mendapatkan wawancara langsung oleh profesor IPB.

“Penilaiannya itu dari tahap wawancara bahkan langsung di uji pleh profesor dari IPB, pelayanan lingkungan, dinilai melalui budaya berbasis lingkungan serta yang lainnya,” tuturnya.

R. Sofian Nirwan mengungkapkan bahwa sebelumnya SMAN 1 Babakan Madang pernah menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

“SMAN 1 Babakan Madang ini sudah menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional sejak 4 tahun yg lalu. Dan kita maju ke tingkat mandiri, tapi tahun lalu kita gagal dan alhamdulilah saat maju yang ketiga kalinya kita berhasil meraih penghargaan dan menjadikan salah satu sekolah di Kabupaten Bogor yang meraih Adiwiyata tingkat Mandiri,” ungkapnya.

Sofian berharap dengan meraih pengharagaan Adiwiyata tingkat Mandiri tersebut semoga siswa dan guru SMAN 1 Babakan Madang dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

“Semoga setelah mendapatkan pengharagaan ini dari KLHK semua siswa dan guru dapat menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di lingkungan sekolah agar terus bersih, indah dan nyaman,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.