Siswa dan Guru SMPN 1 Citeureup Raih Penghargaan Sekolah Kreatif Literasi

CITEUREUP – TIM Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMPN 1 Citeureup telah melaksanakan kegiatan Tantangan Literasi Nusantara (TALENTA) yang diselenggarakan oleh GLN Gareulis Jawa Barat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala SMPN 1 Citeureup, M Taryana bahwa Telenta ini merupakan sebuah program literasi yang digagas untuk memberikan tantangan literasi kepada peserta tantangan selama kurun waktu 10 bulan dalam upaya meningkatkan pembiasaan implementasi literasi di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

“Peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah/tokoh tertinggi di Jawa Barat/Nusantara. Dan tujuan Talenta ini adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Meningkatkan kompetensi, kreativitas & inovasi dalam berliterasi,” katanya kepada PAKAR, pada Senin 26 Februari 2024.

Ia juga menuturkan bahwa Talenta ini untuk membantu pemerataan pemahaman dan implementasi literasi dan numerasi di masyarakat.

“Bahkan kita juga dapat mengembangkan sarana media & publikasi hasil karya literasi. Hingga pengembangan penelitian Literasi, dan juga dapat meningkatkan AKM dan rapor pendidikan, serta dapat memunculkan bibit-bibit penggerak literasi yang mau berpartisipasi terhadap peningkatan indeks literasi di daerahnya dan juga menjadi wadah silaturahmi penggerak literasi se-Indonesia,” ungkapnya.

M Taryana mengaku bahwa Tim GLS SMPN 1 Citeureup telah menyelesaikan 10 tantangan untuk melaksanakan diklat literasi, seperti membaca, mereview buku, ⁠menulis, menerbitkan buku, mendongeng, diorama dunia baca, video literasi, ke pustaka, instrumen literasi, pameran literasi.

“Alhamdulilah dari kegiatan tersebut TIM GLS SMPN 1 Citeureup memperoleh juara 2 tingkat Kabupaten Bogor dan juara 1 kategori sekolah kreatif literasi tingkat Kabupaten Bogor. Dan kita juga siap untuk mengikuti Apresiasi Literasi Talenta di Bandung pada tanggal 11 Mei 2024,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.