Sidak, Bima Targetkan Desember Gedung Perpustakaan Sudah Beroperasional

Walikota Bima Arya saat melakukan sidak ke gedung perpustakaan Kota Bogor. Syarif | Pakar

BOGOR – Pembangunan gedung perpustakaan Kota Bogor terus digeber dan diselesaikan. Untuk memastikan pembangunan cepat selesai dan bisa segera dipergunakan, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke proyek pembangunan Perpustakaan Kota Bogor di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Orang nomor satu di Kota Bogor itu mengatakan, dirinya optimis proyek tahap akhir yang mencakup bagian interior gedung perpustakaan kota senilai Rp10 miliar akan rampung sesuai target pada 23 November 2022, hal itu lantaran saat ini ada deviasi positif sebanyak 8 persen dan melihat secara langsung sudah tinggal finishing.

“Ya, saat ini sudah 73 persen terakhir kesini masih 40 persen. Ini on the track dan ada deviasi positif 8 persen, saya cek langsung kualitasnya juga baik, tapi saya pastikan tadi bahwa buku-bukunya semua di maksimalkan untuk di isi dan ditambah,” ucapnya.

Kapasitas yang ada sekarang ini, lanjut Bima, cukup untuk menampung buku buku yang sudah ada, bahkan meminta terus ditambah. “Koleksi-koleksi baru ditambahkan, saya minta nanti ada pojok HAM khusus ya. Jadi ada buku buku tentang HAM, bagaimana nanti bisa melakukan riset tentang HAM di perpustakaan ini. Alhamdulillah segala sesuatunya beberjalan dengan baik, dijadwalkan bulan Desember awal atau pertengahan Desember perpustakaan ini dapat di resmikan,” ungkapnya.

Kendati demikian, Bima mengaku perpustakaan secara garis besar sama dengan perputakaan lainnya hanya saja yang membedakan ada pojok bermain dan edukasi untuk anak-anak, literasi untuk anak-anak, kemudian ada juga ruang digital.

“Ruang digital ini adalah ruang untuk belajar visual, digital dan ada auditorium, auditorium ini semacam bioskop mini untuk diskusi, untuk launching, untuk tamu-tamu akan melihat sejarahnya Kota Bogor dan masih ada satu lantai yang masih kami siapkan konsepnya dan untuk menjadi galeri Kota Bogor,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Bogor, Agung Prihanto menambahkan untuk target rampung pembangunan 23 November 2022, kemudian Desember 2022 siap pakai sekaligus diresmikan.

“Perpustakaan ini ada tempat baca disetiap ruangan, bahkan untuk difabel juga ada. Kemudian ada auditorium, arena bermain anak-anak yang bersifat edukasi, nanti rencananya di sini kalau pak wali berkenan ada semacam galeri dan museum juga,” ujarnya.

“Artinya bisa dibuat pameran juga disini, makanya kami koordinasi dengan Disparbud Kota Bogor. Kalau buku pasti kalau semuanya belum ada, itukan tergantung penerbit, tiap tahun kan ada yang menulis dan mencetak buku. Makanya kami tiap tahun ada pengadaan buku untuk melengkapi koleksi. Jadi buku itu tidak statis, dinamis. Selain kami juga mencari buku-buku langka. Kaminmencari itu untuk koleksi,” sambungnya.

Agung berpendapat hadirnya perputakaan dengan konsep yang baru dapat sebagai upaya meningkatkan indeks literasi atau minat baca masyarakat. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.