Siapkan Rp10 Miliar, Pemkab Cianjur Pastikan Jalur Puncak 2 Tetap Dibangun

Cianjur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memastikan pembangunan Jalur Puncak II, khususnya yang masuk wilayah Cianjur tetap berlanjut dan tidak dicoret dari RPMJD Pemprov Jawa Barat. Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan Pemkab Cianjur sudah menerima dana bantuan Pemprov Jabar sebesar Rp 10 miliar untuk pembangunan Puncak II.

“Tidak dicoret, mungkin itu untuk yang masuk wilayah Bogor. Soalnya Cianjur tahun ini dapat bantuan dana Rp 10 miliar untuk pembangunan Puncak II. Sudah masuk kas daerah,” ungkap Herman.

Menurutnya Jalur Puncak II yang masuk ke Bogor memang cukup panjang, yakni mencapai 42 kilometer sedangkan Cianjur hanya 11 kilometer. Sehingga pembangunannya bisa didahulukan. “Kita pun sebenarnya sudah dari tahun lalu dianggarkan, tapi karena ada Recofusing anggaran, jadi baru digelontorkan tahun ini,” ucap dia.

Ia menambahkan dana Rp 10 miliar tersebut akan dibagi dalam dua paket pengerjaan. “Ada dua paket untuk tahun ini. Dan secara bertahap dilanjutkan di tahun berikutnya,” kata dia.

Herman menegaskan jika nantinya pembangunan Puncak II yang masuk Cianjur bernasib sama dengan Bogor, Pemkab akan tetap melakukan pembangunan dengan menggunakan anggaran daerah. “Walaupun nantinya dicoret pusat dan provinsi kami akan bangun. Karena Puncak II ini harus ada dan jadi alternatif utama ketika Puncak I macet total,” tandasnya.

Ia mengaku optimis, dengan dibangunnya Jalur Puncak II, perekonomian warga Cianjur akan meningkat. Sebab akses menuju wisata yang semula terkendala akibat macetnnya Puncak I, bisa terselesaikan. “Makanya harus dibangun, supaya pariwisata Cianjur kembali bangkit, ekonomi naik lagi. Terutama panca Pandemi COVID-19 ini,” pungkasnya. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.