Siap-siap, Bupati Segera Isi Jabatan Esselon II yang Kosong, Termasuk Melakukan Rotasi

Bupati Bogor, Ade Yasin. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Bupati Ade Yasin, mengatakan akan segera mengisi beberapa jabatan esselon II yang kosong di Kabupaten Bogor. Dia mengaku sudah berkirim surat kepada kementerian untuk pengisian tersebut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Kemendagri. Mudah mudahan dalam waktu dekat kekosongan jabatan di eselon II ini dapat terisi,” kata Ade Yasin, Kamis (6/1/2021).

Beberapa jabatan itu yakni Kepala Inspektorat, Kepala Dispora, dan Sekretaris DPRD Kabupaten Bogor. Untuk sementara, Pemkab Bogor mengisi pejabat esselon II tersebut dengan pelaksana tugas atau Plt.

Dalam pengisian jabatan eselon II tersebut, kata Ade Yasin, tidak semuanya dilaksanakan melalui proses lelang jabatan terbuka atau open bidding. Sebab, ada beberapa pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) itu diisi melalui assessment, sehingga hanya perlu dilakukan rotasi saja.

“Kita sudah mengajukan ke KASN dan sudah disetujui, hanya tinggal pelaksanaanya saja,” paparnya.

Kekosongan jabatan eselon II di lingkup Pemkab Bogor rupanya menjadi perhatian Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor Usep Supratman. Dia berharap Pemkab Bogor dalam waktu deket segera mengisi kekosongan yang terjadi.

“Jangan sampai ketika program-program di SKPD sudah berjalan Kuasa Pengguna Anggarannya (KPA) masih belum ada,” kata Usep.

Usep juga menilai, pengisian jabatan eselon II itu idealnya tidak terlalu lama, sebab jika dilakukan assesment hanya butuh waktu sekitar satu sampai dua minggu saja. Sedangkan jika dilakukan open bidding bisa memakan waktu hingga satu bulan.

“Mudah-mudahan diawal Februari semuanya sudah terisi semua,” katanya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.