Siap-siap, Bioskop di Kabupaten Bogor Segera Dibuka

Bupati Bogor, Ade Yasin. Prayoga | Pakar

CIBINONG – Bioskop di Kabupaten Bogor segera dibuka. Kebijakan tersebut diberikan seiring perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 yang berlaku hingga 20 September mendatang.

Bupati Ade Yasin mengatakan, uji coba dibukanya bioskop tersebut adalah
bagian daripada upaya pemulihan ekonomi. Namun, semua masih harus berdasarkan aturan protokol kesehatan.

“Jadi setiap pengunjung yang akan masuk wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining. Hal itu pun berlaku untuk pegawai,” kata Ade Yasin, Rabu (15/9/2021).

Tak hanya itu, pada uji coba operasional bioskop tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga masih membatasi tingkat kunjungan.

Ade Yasin menyebut, kapasitas maksimal yang diberikan pemerintah hanyalah 50 persen dari total kapasitas keseluruhan.

Aturan lainnya, Pemkab Bogor juga melarang pengunjung ataupun pengelola untuk makan dan minum atau menjual makanan dan minuman dalam area bioskop.

“Kita juga masih melarang pengunjung di bawah usia 12 tahun untuk masuk ke dalam bioskop,” jelas Ade Yasin.

Menurutnya, daftar perusahaan yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Jadi semua yang boleh beroperasi, mereka harus mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan,” tandas Ade Yasin.

Sekedar informasi, kelonggaran yang diberikan Pemkab Bogor tersebut merupakan penyesuaian dari perpanjangan PPKM yang dilakukan pemerintah pusat.

Dasarnya, perpanjangan tersebut memperhatikan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Menyesuaikan kebijakan tersebut, Pemkab Bogor juga mengeluarkan aturan baru melalui Keputusan Bupati Bogor Nomor 443/419/Kpts/Per-UU/2021 tentang Perpanjangan Ketiga Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pra Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif Melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bogor yang berlaku mulai 14 September hingga 20 September mendatang.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.