Siaga Bencana Badai La Nina, PMI Cianjur Kedepankan Koordinasi

Menghadapi banyak terjadi bencana PMI Kabupaten Cianjur gelar kegiatan sosialisasi siaga bencana. Esya | Pakar

CIANJUR–Menyusul banyaknya bencana akhir-akhir ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, sosialisasikan siaga bencana, Rabu (10/11/2021).Pasalnya, PMI sendiri memiliki tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang berfungsi membantu sebagai protokol PMI Cianjur.


Informasi yang berhasil dihimpun, sosialisasi ini digelar untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadinya akibat bencana cuaca ekstrem. Selama ini, PMI Cianjur telah menyiapkan tim Satgana pada level Desa. Tim Satgana inilah yang meng-resque maupun assessment, terkait bencana dalam waktu selama 6 jam relawan harus ada di lapangan untuk mengerjakan dua hal tersebut.


“Memang tim Satgana dan Sibat akan bergerak dan kemudian melapor pada tingkat kabupaten dan kota, provinsi hingga ketingkat pusat. Selain itu PMI sendiri selalu berkoordinasi dengan berbagai organisasi perangat daerah (OPD) terkait seperti dengan BPBD Kabupaten dan Dinas Sosial (Dinsos),untuk mengurangi dampak bencana,” kata Sekertaris PMI Kabupaten Cianjur, Hery Hidayat kepada wartawan disela-sela sosialisasi Satgana, Rabu (10/11/2021).


Sebenarnya,”lanjut Hery pihaknya telah mensiagakan seluruh tenaga relawan PMI,menyusul deengan banyaknya bencana akhir tahun ini. Seluruh tenaga relawan maupun potensi yang ada apabila terjadi dampak badai tropis La Nina. Bahkan, koordinasi dengan berbagai pihakpun dilakukan karena itu bagian hal penting untuk menanggulangi resiko terjadinya bencana.

“Selama ini, PMI sudah menyiapkan 2 kendaraan roda 2 , 2 kendaraan operasional, 2 ambulan dan logistik. Meskipun namanya bencana penuh kejutan. PMI harus siap dengan segala kemungkinan. Kuncinya adalah koordinasi baik dengan sipil maupun lembaga,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.