Si Jago Merah Hanguskan Pabrik Pengelolaan Kayu di Cianjur

CIANJUR – Diduga akibat dari puntung roko secara secara sembarang pabrik pengolahan kayu tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur hangus terbakar, dilalap si jago merah, Selasa (14/11/2023) malam.

Informasi yang berhasil dihimpun, diduga api yang berasal dari puntung tersebut, melalap kayu sisa pemotongan yang disimpan untuk dijual dan dijadikan kayu bakar. Saat itupun kobaran api menghanguskan potongan kayu dan seluruh bangunan pengolahan kayu.

Salah seorang karyawan pabrik Penpen (43) mengaku jika dirinya mengetahui adanya kebakaran usai ruangan tempatnya beristirahat yang dipenuhi kepulan asap dan suhu panas akibat kobaran api. “Memang waktu itu, saya sedang istirahat di samping tempat pemotongan kayu. Kondisi kan di luar sedang hujan, tapi suhunya panas. Begitu lihat keluar ternyata api sudah membesar,” tutur Pepen kepada wartawan Rabu (15/11/2023).

Mengetahui hal itu, kata Pepen, dirinya segera menghubungi pegawai lain untuk datang ke pabrik dan membantu memadamkan api. Meskipun hujan deras mengguyur tetapi kobaran api terus membesar mengingat lokasi api tertutup atap seng. “Ada bagian yang tidak tertutup atap seng langsung padam oleh hujan. Tapi sebagian besar api itu di bawah atap, jadi terus merembet,” terangnya.

Menurutnya, kobaran api tersebut mulai padam setelah dibantu oleh dua unit mobil pemadam kebakaran. Setelah padam, Petugas pemadam tampak melakukan pendinginan sebab beberapa kali muncul api kecil akibat bara yang belum padam. “Tadi sempat dikira sudah padam ternyata muncul lagi api. Karena memang masih ada baranya. Makanya pegawai dan pemadam masih menyiramkan air memastikan tidak muncul lagi api,” ujarnya.

Kebakaran tersebut, kata Pepen, diduga akibat dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. Sebab kejadian tersebut bukan yang pertama, namun menjadi yang paling parah. “Sudah beberapa kali kejadian. Tapi diketahui sejak awal dari adanya asap. Biasanya ada yang buang puntung rokok yang masih menyala,” pungkasnya. NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.