Setelah Tutup Selama Empat Hari Puskesmas Gunungsindur Kembali Lakukan Pelayanan Kesehatan

Pelayanan di Puskesmas Gunungsindur kembali dibuka. Fahri | Pakar

GUNUNGSINDUR – Pasca-adanya empat tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Gunungsindur yang terpapar positif Covid-19, sejak Rabu hingga Kamis (23-24 Juni) lalu, pelayanan di puskesmas tersebut ditutup untuk sterilisasi.

Pasca-penutupan selama empat hari, lalu dilaksanakan penyemprotan cairan desinfektan di seluruh area serta dilakukan swab kepada 25 nakes, pada hari Jumat (25/6/2021) pelayanan kesehatan kembali dibuka.

“Ya sejak hari Jumat pekan lalu, pelayanan kesehatan telah dibuka seperti biasa. Saat penutupan empat hari lalu pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas Seliwer, Desa Cibinong,” ungkap dokter Unang, Kepala Puskesmas Gunungsindur, Selasa (29/6/2021).

Sementara dari hasil tes swab PCR terhadap 25 nakes, ungkap Unang, ternyata jumlah nakes yang terpapar bertambah dari 4 menjadi 10 orang. Namun demikian, lanjutnya, kondisi sementara dari sepuluh nakes tersebut masih stabil dan belum memerlukan tindakan rujukan ke RS.

“Ada yang tidak bergejala dan ada pula yang bergejala ringan. Saat ini semua masih menjalani isolasi mandiri di rumah masing – masing,” ungkapnya.

Dokter Unang menambahkan, semua situasi dan kondisi tersebut telah dilaporkan kepada Dinas Kesehatan dan sudah dilakukan koordinasi dengan Satgas Covid tingkat Kecamatan.

“Jadi untuk sementara pelayanan dibatasi jam pelayannya mengingat SDM (nakes) berkurang dan untuk mengurangi resiko terpapar. Semua jenis pelayanan kesehatan tetap berjalan termasuk pelaksanaan program vaksinasi covid ke desa-desa,” pungkasnya. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.