Setelah Lebaran, Bima : Waspada Terjadi Peningkatan Kasus Covid-19

Wali Kota Bogor, Bima Arya. IST

BOGOR- Setelah Hari Raya Idul Fitri, kondisi peningkatan kasus COVID-19 di Kota Bogor masih relatif terkendali. Namun, kewaspadaan dan antisipasi dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dua minggu setelah lebaran. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bogor, Bima Arya yang mewaspadai peningkatan kasus dua pekan setelah libur Lebaran.

Lanjut Bima, pada Sabtu (15/5/2021) dilaporkan dua penambahan kasus baru, tujuh pasien sembuh, dan nol pasien positif meninggal. Minggu (16/7/2021) dilaporkan, 18 kasus baru, 48 pasien sembuh, dan nol kasus meninggal. Sedangkan, Senin (17/5/2011), 10 kasus baru, 95 pasien sembuh, dan satu pasien positif meninggal. Dengan penambahan kasus terakhir, jumlah akumulatif mencapai 15.641 kasus, rincian 15.127 kasus pasien sembuh, masih sakit 257 orang, dan meninggal 257 orang.

Orang nomor satu di Kota Bogor itu menyebut, saat ini Kota Bogor dalam keadaan terkendali, hal itu dilihat dari rasio ketersediaan tempat tidur (bad occupancy rate/BOR) di bawah 30 persen, angka kasus baru rata-rata di bawah 30 per hari dan kasus kesembuhan meningkat. “Semua rendah semua dibawah 30 persen, kasus sembuh meningkat. Jadi intinya semua tetap kita siapkan,” ungkap Bima kepada wartawan, Selasa (18/5/2021).

Politisi PAN ini menjelaskan, saat ini belum ada tren naik tapi dua minggu ke depan tetap harus waspada dan siaga. Karena dua minggu pascalibur lebaran merupakan interval masif terjadinya paparan Covid-19. Sama halnya, dengan usai libur Natal dan Tahun Baru, angka kasus di Kota Bogor naik di atas 100 kasus per hari.

“Tidak ada treatment yang baru. Kebijakan tetap sama, pengawasan dan pengendalian berdasarkan mikro. Sekarang tinggal kita lihat trennya setelah kembali normal,” tandasnya. Bima pun melihat, puncak kunjungan liburan Lebaran di Kota Bogor sudah lewat pada Minggu kemarin. Saat ini pun, dirinya mengintruksikan masing-masing camat, lurah, dan RT/RW untuk memotoring wilayah masing-masing. “Saya intruksikan untuk mengawasi dan memonitoring seluruh wilayah,” tutupnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.