Setelah Anjlok Karena Pandemi Covid-19, Produksi Sektor Ikan Konsumsi Alami Kenaikan

Produksi sektor ikan konsumsi mengalami kenaikan. IST

CIBINONG – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bogor memastikan produksi sektor ikan konsumsi saat ini kembali ke normal bahkan cenderung relatif naik setelah alami penurunan pada masa Pandemi Covid-19.

Kepala Disnakan Kabupaten Bogor, Otje Subagja mengatakan, tahun 2020 hingga 2021 lalu sektor produksi ikan konsumsi mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Hal itu dikarenakan saat itu para petani lebih memilih tidak keluar rumah dan beralih ke sektor ikan hias.

“Saat pandemi Covid-19 para petani ikan itu lebih memilih tidak keluar, dan mereka malah jadi peteni ikan hias, karena ikan hias saat Pandemi permintaannya tinggi,” ujar Otje Subagja kepada wartawan, Selasa (7/6/2022)

Namun saat ini, disaat Pandemi Covid-19 sudah melandai, para petani ikan konsumsi seperti ikan mas, gurame, nila, lele dan lainnya kembali kesemula, sehingga produksi ikan malah alami kenaikan.

Selain itu, upaya pemerintah meningkatkan produksi sektor ikan konsumsi sejumlah pelatihan dan sosialisasi terus dilakukan kepada para kelompok tani ikan konsumsi.

Tidak hanya itu, bantuan bibit pun terus diberikan kepada petani ikan yang memang mengajukan permintaan. “Selain pelatihan kepada kelompok tani, bantuan benih ikan pun terus disalurkan,” ucapnya.

Tahun ini, lanjut dia, Disnakan menyediakan hampir 10 juta lebih benih ikan konsumsi yang nantinya akan diberikan kepada kelompok tani yang membutuhkan.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, Jawa Barat mencatat ada penurunan pada produksi sektor ikan konsumsi di wilayahnya selama Pandemi Covid-19.

“Berdasarkan perkembangan produksi perikanan menurut jenis ikan, untuk ikan konsumsi dari semula 125 ribu ton pada tahun 2019, menurun jadi 118 ribu ton pada tahun 2020,” ujar Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Kabupaten Bogor, Ujang Jaelani di Cibinong beberapa waktu lalu.

Menurutnya, angka produksi ikan konsumsi di tahun 2019 tersebut sudah mengalami peningkatan dari angka produksi tahun 2018 yang seberat 122 ribu ton.

Ujang mencatat area perikanan di Kabupaten Bogor tidak mengalami perkembangan sejak empat tahun terakhir. Sejak tahun 2017 hingga sekarang area perikanan ikan konsumsi hanya seluas 2.139 hektar. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.