Sesuai Prediksi BMKG Citeko, Kawasan Puncak Masuk Musim Penghujan Hingga Januari

CISARUA – Sesuai dengan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor saat ini kawasan Puncak diguyur hujan hingga setiap saat, Selasa (04/10/22).

BMKG sudah memprediksi bahwa saat ini masuk musim penghujan hingga bulan Januari 2023, tentunya BMKG meminta warga Puncak agar berhati-hati dengan kilatan yang ditimbulkan saat hujan turun.

Kepala Stasiun BMKG Citeko, Fatuhri Syabani mengatakan, jadi sebagian besar wilayah Jawa Barat dan juga Bogor, saat ini sudah memasuki musim hujan sesuai dengan prakiraan musim yang dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Jawa Barat- Dramaga Bogor.

“Jadi jumlah Curah Hujan di wilayah Puncak memang tinggi saat ini, dan puncaknya pada bulan Desember-Januari nanti,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada saat musim hujan atmosfer di sekitar wilayah Jawa Barat kaya akan uap air, sehingga udara mudah berkondensasi menjadi uap air atau berawan dan turun menjadi hujan. Apalagi wilayah Puncak yang berada di ketinggian diatas 500 meter diatas permukaan laut.

“Maka uap air yang dipaksa naik oleh kontur ketinggian akan semakin mudah menjadi hujan, sehingga saat musim hujan kejadian hujannya bisa terjadi kapan saja, baik pagi, siang, maupun malam hari,” kata dia.

Ia menuturkan, saat awal musim hujan seperti sekarang ini juga biasanya kejadian hujan yang dapat disertai dengan peristiwa kilat atau guntur, tentunya hal ini perlu diwaspadai. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.