Serahkan Sertifikat PTSL, Hadi Tjahjanto : Di Kabupaten Bogor Sudah 1,4 Juta Terselesaikan

Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahtanto, berfoto dengan warga penerima sertifikat PTSL. Firman | Pakar

PAMIJAHAN – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), bagikan sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Gunungsari dan Desa Gunung Bunder II, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Dalam penyerahan sertifikat tersebut dihadiri oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Pj Bupati Bogor, Kapolres Bogor, Dandim serta Kejari Kabupaten Bogor. Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto mengatakan, kalau melihat bahwa jumlah yang harus diselesaikan di Kabupaten Bogor ini ada kurang lebih 1,4 juta sudah selesai atau 73 persen.

“Dampaknya untuk pertumbuhan penambahan nilai ekonominya kurang lebih 18,5 triliun besar sekali. Apalagi kita bagikan ini nanti oleh masyarakat sudah digunakan untuk usaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat yang berada di Gunungsari khususnya,” ungkapnya kepada wartawan, Senin 12 Februari, 2024.

Dengan penyerahan sertifikat tanah ini, menurutnya bisa meningkatkan modal perekonomian masyarakat dan legalitas hak tanahnya sudah sah secara hukum. “Nanti kita serahkan kepada masyarakat kalau masyarakat punya inisiatif untuk modal usaha silahkan tapi kalau disimpan juga ya itu lebih baik,” paparnya.

Saat ini sebanyak 126 juta sertifikat sudah dibagikan kepada masyarakat dan tentunya di tahun ini ada sekitar 6 juta bidang yang masih dalam targetnya. “Kalau untuk program PTSL kalau secara Nasional sudah selesai, sebanyak dari total 126 juta bidang targetnya sudah 110,5 juta target nya,tahun 2024 nanti akan kita selesaikan sebanyak 120 juta bidang tinggal 6 juta nanti untuk berikutnya,” tuturnya.

Ia menuturkan, biaya secara resmi dalam program tersebut tentunya tidak memberatkan masyarakat dan biaya tersebut sudah dicantumkan sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Biaya resmi sesuai Rp150 ribu tapi ada juga yang memang gratiskan ada juga lebih,” tuntasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.