Semua Artefak di Museum Pasir Angin Berusia 1000 Tahun Sebelum Masehi

CIBUNGBULANG – Beragam Artefak berupa Gelang, Kalung, kapak, Gerabah yang terbuat dari tanah liat, Perunggu, Besi, Batu, Kaca dan jenis batu Obsidian hasil temuan Eskavasi tahun 1970 sampai 1973, dan 1975 oleh Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional pimpinan R.P Soejono yang kini tersimpan di museum Kampung Pasir Angin, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, dipastikan berusia 1000 tahun sebelum Masehi. Menurut Isak Tumitir Juru Pelestari (Jupel) Museum Pasir Angin, penetapan usia 1000 tahun sebelum Masehi pada semua artefak yang menjadi koleksi di museum tersebut, adalah hasil analisis C-14 terhadap arang yang diteliti di Australia National University di Canberra.

“Sebenarnya hanya Sebagian saja dari benda benda artefak temuan eskavasi (penggalian) di area pasir angin yang ditempatkan di maseumnya. Sebab jika semuanya di simpan di Pasir Angin dengan jumlah yang sangat banyak itu, ya tidak akan muat, jadi sebagian besarnya di bawa Ke Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Jakarta,” ungkap Isak Tumitir Juru Pelestari Museum Pasir Angin kepada pakuanraya.com.

Masih kata Isak, dimana Semua benda yang tersimpan di Museum Pasir Angin tersebut, lokasinya berada di sekeliling Batu Monolit yang ada di dekat bangunan museum. “Jadi saat dilakukan penggalian, tim ahli pada menetapkan titik lokasi penggaliannya di sekeliling Batu besar yang disebut Monolit. Karena batu besar tersebut merupakan ciri dari kepercayaan masyarakat megalitik yang kala itu sudah berkembang pada tingkat neolitik, yakni hidup dengan bercocok tanam,” jelasnya.

Sehingga tambah Isak Tumitir, berdasarkan hasil penetapan dari Universitas Canberra di Australi.”Maka kantor Pusat Arkeologi Nasional menetapkan, jika semua benda artefak yang berhasil ditemukan di Pasir Angin tersebut, berusia 1000 tahun sebelum masehi,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.