Seminggu Lebih Dibuka Pendaftaran Oleh Pansel, Posisi Direksi PPJ Belum Ada Yang Minat

Sekda Syarifah Sofiah saat diwawancara sejumlah wartawan, Senin (12/2/2024). IST

BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mencari jajaran direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) yang bisa mengelola pasar modern dan usaha lainnya yang akan dijalankan.

Setelah direksi lama tidak diperpanjang dan akhirnya membentuk panitia seleksi (pansel) untuk mencari direksi baru sejak tanggal 5 Februari 2024.

Sampai Senin (12/2/2024), belum ada satu pun pendaftar yang memasukan lamaran untuk menjadi direksi Perumda PPJ. 

Sekda Kota Bogor Hj Syarifah Sofiah Dwikorawati membenarkan hal tersebut.

“Direksi Perumda PPJ, kalau sekarang sudah diumumkan dibuka pendaftaran dan sudah ada Plt juga. Sejauh ini belum ada yang masuk mendaftar,” ungkap Syarifah kepada wartawan, Senin (12/2/2024).

Syarifah menegaskan, kategori jajaran direksi yang dicari adalah yang mempunyai pengalaman mengelola pasar dan mampu menjalankan bisnis lain dari Perumda PPJ. Karena itu seleksinya bakal lebih ketat.

“Ya, harus lebih ketat seleksinya. Karena kedepan akan membangun pasar-pasar yang skala bukan tradisional, tapi modern seperti Plaza Bogor. Karena pengelolaan non pasar juga, itu kami cari yang mampu,” tegasnya.

Syarifah memaparkan, kalau pihaknya melihat data-data yang dilaporkan oleh dewas, jadi dari dewas pelaporannya disimpulkan intinya positif.

“Tapi kami juga melihat data-datanya secara lapangan juga perkembangan. Dari pengelolaanya direksi Perumda PPJ kemarin itu WTP terus, kemudian banyak hal positif ya,” paparnya.

Meski begitu, Syarifah menjelaskan, soal  penggantian ini juga banyak faktor pertimbangan dari pimpinan.

“Mungkin kinerjanya postif tapi mungkin kami mencari yang lain. Mungkin kami mencari yang lain atau yang diharapkan regenerasi. Sehingga direksi kemarim yang mau daftar lagi tentu dipersilahkan,” jelasnya.

Syarifah memaparkan, nanti ada tim Panitia Seleksi (Pansel) yang menguji. Pihaknya mencoba tim dari kalangan profesional yang mumpuni.

“Ya, kami harap ada dari Jakarta untuk tim Pansel. Kami tengah mencari ya, karena sambil dibuka pendaftaran direksi PPJ ini,” paparnya.

“Untuk tim Pansel administrasi sudah ada. Pansel yang dicari untuk uji UKK yang mengkaji makalah, tulisan, wawancara dan lainnya.  Sekarang baru ada tim Pansel Administrasi dari Pemkot Bogor,” tambah Syarifah.

Sebelumnya, terjawab sudah teka-teki terkait posisi direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) apakah diperpanjang atau tidak masa jabatannya, yang habis Minggu (4/2/2024). 

Jabatan Dirut Muzakkir, Dirum Jenal Abidin dan Dirops Deni Ari Wibowo, ternyata tidak diperpanjang, menyusul keluarnya surat pembentukan panitia seleksi (Pansel) calon anggota Direksi Perumda PPJ, dengan Nomor : 001/PanselPPJ/II/2024/I/2024

Tentang SELEKSI CALON ANGGOTA DIREKSI PERUSAHAAN UMUM DAERAH PASAR PAKUAN JAYA KOTA BOGOR PERIODE 2024-2029. 

Surat ini ditandangani Ketua Pansel yaitu Asisten Perekonomian Pembangunan Setda Kota Bogor Hanafi. 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akhirnya memutuskan, nasib direksi Perumda PPJ Kota Bogor dihari terakhir tiga direksi menjabat pada 4 Februari 2024. 

Hasilnya Bima menunjuk Badan Pengawas (Bawas) Perumda PPJ Kota Bogor Agustian Syach menjadi Plt Dirut dan memerintah kan Bagian Ekonomi Setda Kota Bogor untuk membuka seleksi direksi Perumda PPJ pada 5 Februari 2024.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengapresiasi kinerja jajaran Direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor yang habis masa jabatannya per 4 Februari 2024. 

Bima Arya mengucapkan terima kasih atas kerja keras Direktur Utama Perumda PPJ Muzakkir dan jajaran karena telah menyelesaikan banyak kewajiban selama menjabat.

Untuk mengisi kekosongan jabatan, Bima Arya secara resmi sudah menunjuk salah satu  Dewan Pengawas Perumda PPJ Agustiansyah sebagai Plt Dirut. 

“Berdasarkan aturan, memang ketika terjadi kekosongan jabatan direksi  maka tugas pengurusan BUMD dilaksanakan oleh Dewan Pengawas,” ungkap Bima Arya di Balaikota Bogor, (5/2/2024).

Bima Arya meminta Agustiansyah untuk fokus mengerjakan PR-PR yang belum tuntas atau yang sedang berjalan, khususnya revitalisasi pasar. 

“Pastikan tahapan-tahapan revitalisasi berjalan sesuai dengan rencana, juga melakukan komunikasi kepada semua pihak terutama pedagang agar tahapan-tahapan itu bisa mendapatkan dukungan oleh semua,” ujar Bima. 

Selain itu, Bima Arya mengucapkan terima kasih kepada direksi sebelumnya yang sudah banyak berkontribusi besar dalam pengelolaan dan penataan pasar selama ini.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.