Sembilan Desa di Kecamatan Cigombong Sediakan Ruang Isolasi

Ruang isolasi Covid-19 di Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong. Yusman | Pakar

CIGOMBONG – Untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19 di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, sembilan desa di kecamatan tersebut terpaksa menyulap sebagian ruanganya untuk dijadikan ruang isolasi.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kecamatan, Asep Achadiyat Sudrajat mengatakan, penyediaan ruang isolasi disetiap desa memang sengaja dilakukan guna menghindari terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19.

Sebab, ada beberapa desa di Kecamatan Cigombong memiliki angka kasus positif Covid-19 lumayan tinggi, seperti Desa Ciburuy sebanyak 24 kasus aktif

“Ruangan isolasi tersebut memiliki sejumlah fasilitas medis, seperti tempat tidur, oksigen, dispenser lengkap berikut meja,” ujar Asep kepada wartawan.

Kecamatan Cigombong dengan jumlah penduduk mencapai 92.337, yang terdiri dari 310 RT, dan saat ini ada 27 RT di 9 desa memiliki kasus positif Covid-19 dengan jumlah 45 orang atau 8,71 persen RT ada yang terpapar. Sementara, 91,29 persen RT bebas Covid-19.

“Ada dua desa memang masuk zona hijau atau tidak ada kasus positif Covid-19 yaitu Desa Pasir Jaya dan Ciburayut yang nol kasus,” bebernya.

Sementara, Sekdes Cisalada Muhamad Busrol Karim mengatakan, ruang isolasi yang ada di Desa Cisalada ini sebelumnya sebagai ruangan Puskesdes. Namun sejak satu bulan ini dirubah menjadi ruang isolasi.

“Memang belum ada yang datang warga mau di isolasi disini,” ucapnya.

Meski demikian, Satgas Covid-19 Desa Cisalada tetap memberikan support kebutuhan sehari-hari bagi warga yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi di rumahnya.

“Kalau memang tidak mau isolasi di desa, paling kita kasih bantuan sembako buat sehari-harinya, kita kirim ke rumahnya,” pungkasnya.

Berikut peta penyebaran Covid-19 di 9 Desa di Kecamatan Cigombong, Desa Wates jaya 3 kasus positif Covid-19, Cigombong 7 kasus, Ciburuy 24 kasus, Pasir jaya 0, Cisalada 1 kasus, Tugu jaya 3 kasus, Ciburayut 0, Ciadeg 2 kasus dan Desa Srogol 5 kasus. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.