Selesaikan 41 Desa Tertinggal di 2020, Kini Tersisa 4 Desa Lagi

CIBINONG – Empat desa di Kabupaten Bogor, masih berstatus tertinggal. Di antaranya Desa Wirajaya, Kecamatan Jasinga, Desa Cilaku, Kecamatan Tenjo, Desa Sukaraksa dan Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari.

“Empat desa tertinggal ini, ditargetkan menjadi berkembang pada akhir 2021. Sehingga tidak ada lagi desa tertinggal,” ujar Bupati Ade Yasin, Minggu (7/2/2021).

Saat ini, dari 416 desa yang ada, terdapat 29 desa mandiri, 131 desa maju, 252 desa berkembang dan empat sisanya desa tertinggal tersebut.

“Tahun 2020 kita berhasil mengentaskan 41 desa dari tertinggal menjadi berkembang. Kita masih terus berupaya meningkatkan status desa yang belum baik,” jelasnya.

Kata Ade Yasin, ada tiga indikator utama
yang menjadi penilaian status desa. Yaitu soal ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan ketahanan lingkungan juga kesehayan.

Tiga indikator utama ini, sambungnya, dijabarkan ke dalam 54 indikator yang di dalamnya ada 719 kuesioner yang harus diselesaikan.

“Dari tiga indikator utama itu, perlu penanganan atau keterlibatan dinas-dinas terkait. Seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Desa (DPMD) dan lain-lain, melalui program-program dinas yang menyentuh langsung kepada masyarakat,” jelas Ade Yasin.

Untuk mencapai itu, Ade Yasin memberikan warning kepada para dinas terkait, termasuk kepala desa. Dimana kades diwajibkan untuk membuat arah dan kebijakan dennan mengedepankan potensi desa, sehingga perencanaan yang dibuat bisa tepat sasaran.

“Ke depan, semua harus menjadi desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat sejahtera, pendidikan desa berkualitas, desa layak air bersih dan sanitasi. Agar bisa dinikmati oleh masyarakat,” tegasnya. MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.