Selama Pandemi Covid-19, Petani Bunga Keluhkan Sulitnya Pemasaran

Beginilah kondisinya Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura (DPPPH) Kabupaten Cianjur, DR Ir Parwinia saat mengunjungi para petani bunga krisan. Esya | Pakar

CIANJUR—Warga petani tanaman bungga krisan di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, keluhkan situasi dan kondisi (Sikon) sedang terburuk. Pasalnya, ditengah-tengah pandemi Covid-19 ini, hasil pertanian tanaman bunganya nyaris terpuruk dan tidak laku dipasaran tersebut. Akhirnya didatangi dari tim Direktorat Jenderal (Ditjen) Holtikultura RI dan membantu memasarkan tanaman bungga.


Ketua Kelompok Hijau Daun Desa Kawungluwuk, Kecamatan Cipanas Mamat Ahmad Riyat mengaku dengan situasi dan kondisi (Sikon) pandemi Covid -19, sangat berdampak terhadap kesulitan pemasaran tanaman bungga krisan. Pasalnya, selama pandemi Covid-19 ini, tidak ada sumber penghasilan, karena sulitnya pemasaran bungga . Beruntung saja, ibu Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura (DPPPH) Kabupaten Cianjur, DR Ir Parwinia dapat mengundang tim dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Holtikultura RI, untuk membantu dan memasarkan tanaman bungga milik petani yang nyaris putus asa ini.


“Memang selama berlangsungnya pandemi Covid-19 ini, sumber pemasaran dan penghasilan para petani khususnya petani bunga krisan sangat menurun sekali. Dampaknya, sangat jauh berbeda dari sebelumnya, terjadinya penyebaran virus corona tersebut. Mudah-mudahan saja kedatangan bapak Menteri Pertanian RI ini, dapat membantu memasarkan tanaman bungga para petani Cipanas dan bukan hanya sekali ini saja,” kata Mamat kepada wartawan Rabu (18/8/2021).


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Holtikultura (DPPPH) Kabupaten Cianjur, Ir Parwinia Darmawan mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo yang mana telah bisa menyempatkan diri untuk melihat langsung situasi dan kondisi para petani tanaman bungga di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Cipanas.


“Saya atas nama Bupati Cianjur, sangat mengapresiasi kedatangan bapak Dirjen Holtikultura dan Menteri Pertanian untuk melihat secara langsung terhadap situasi dan kondisi para petani bungga krisan di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Cipanas. Alhamdulilah, dari hasil peninjauan pak Dirjen Holtikultura dan Meteri Pertanian dapat membantu memasarkan tanaman bungga petani yang akan dikrim ke Rumah Sakit –Rumah Sakit (RS) yang ada di Jakarta. Rencananya tamanan bungga krisan ini akan diberikan kepada para tenaga kesehatan (Nakes) untuk meningkatkan daya tahan imun tubuh dan akan dikrim besok pagi,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.