Selama Libur Panjang, Kunjungan Wisatawan ke Sukamamur Tinggi

Situ rawa gede menjadi destinasi andalan kawasan Sukamamur, Kabupaten Bogor. IST

SUKAMAKMUR – Kecamatan Sukamamur, Kabupaten Bogor kini telah menjadi destinasi baru yang mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Hal itu terlihat dalam beberapa tahun terakhir dimana kunjungan ke kawasan tersebut cukup tinggi.

Bahkan, di libur panjang Idul Adha ini, kawasan Sukamamur jadi kawasan alternatif wisatawan.

Camat Sukamakmur, Bakrie Hasan mengatakan, libur panjang Idul Adha dari mulai Sabtu hingga Selasa ini kawasan Sukamamur dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah, terutama Bekasi dan Jakarta.

“Tempat yang ramai dikunjungi wisatawan dari mulai vila Khayangan, Curug Cipamingkis, Curug Ciherang, Nirvana Valley, Green Villas dan yang tak lamai Situ Gede,” ujar Bakrie Hasan, Selasa (18/6/2024).

Banyaknya wisatawan ke kawasan Sukamamur ini mengakibatkan sejumlah ruas jalan mengalami kepadatan arus lalulintas. “Macet sih tidak, tapi padat merayap,” ucapnya.

Selain wisatawan menggunakan roda empat, wisatawan menggunakan roda dua juga mendominasi jalan-jalan di wilayah Sukamamur.

“Tentunya dengan terus meningkatnya kunjungan wisatawan ke wilayah Sukamamur, ini berdampak luar biasa ke ekonomi warga,” terangnya.

Ia berharap, untuk menunjang kunjungan wisatawan ke wilayah Sukamamur, Pemerintah bisa memprioritaskan kualitas infrastruktur di kawasan ini.

“Saya yakin kalau infrastruktur di Sukamamur dalam kondisi baik semua, wisatawan akan menjadikan Sukamaju menjadi destinasi alternatif selain Puncak,” bebernya.

Sementara, Ketua BUMDES Sinar Makmur, Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamamur, Agus Salim menyebut, kawasan Sukamamur saat sudah berbeda dengan Sukamamur 10 tahun lalu. Tidak hanya udaranya yang sejuk, tapi perkebunan kopi di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan

“Alhamdulillah dengan terbukanya akses jalan sekarang di Desa Sirnajaya menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di Kabupaten Bogor dengan harga jual bersaing di pasaran,” ujar Agus Salim belum lama ini.

Saat ini harga biji kopi yang dihasilkan dari perkebunan warga dengan kualitas sedang harga tiket masuk Rp25 ribu, Harga kopi asalan 61 Ribu per Kg Sampai 63 Ribu per kilogra. Harga kopi great 1 75 ribu sampai dengan 78 ribu per kilogramnya.

Tidak hanya kopi kemasan curah saja, Bumdes Sinar Makmur juga berencana memproduksi jenis kopi sachet ke pasaran.

Kehadiran setu atau danau Rawagede juga menjadi berkah tersendiri bagi warga. Banyak pihak yang menginginkan kerjasama dan berinvestasi di dalamnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.