Selama 2021, BPBD Catat 218 Kejadian Bencana di Cianjur

CIANJUR— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mencatat sepanjang tahun 2021, ada sebanyak 218 kejadian bencana alam. Pasalnya, kejadian bencana alam wilayah Kabupaten Cianjur tersebut, meningkat dibanding pada tahun 2020 lalu ada sebanyak 170 kejadian bencana. Namun bencana alam yang terjadi pada tahun 2021 tidak menyebabkan korban jiwa, hanya 3 orang yang mengalami luka berat, dan 21 orang mengalami luka ringan.


Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo Lubis membenarkan jika dari ratusan kejadiian bencana alam tersebut, didominasi oleh terjadinya longsor dan pergerakan tanah. Sebenarnya kejadian bencana alam tersebut, kebanyakan terjadi di wilayah Cianjur bagian selatan. “Memng kejadian bencana alamtanah longsor dan pergerakan tanah ada 147 titik. Selain itu, angin puting beliung sebanyak 28 kejadian, gempa bumi 2 kejadian, dan abrasi 2 kejadian. Seperti yang terjadi kemarin, banyak kejadian itu diantara Cianjur tengah, kemudian Campaka, Campaka Mulya, Sukanaga, Pagelaran, dan Takokak, itu yang sering terjadi pergeseran tanah,” kata Rudi kepada wartawan Selasa (4/1/2022).

Menurutnya, untuk antisipasi yang dilakukan BPBD Kabupaten Cianjur, telah membuat surat edaran kesiap siagaan bencana Hidrometeorologi yang telah ditandatangani oleh Bupati Cianjur H.Herman Suherman. Isi himbauan tersebut agar masyarakat yang tinggal di lereng-lereng pegunungan atau bukit harus siap siaga dan cepat mengungsi ke tempat yang lebih aman jika terjadi sesuatu yang berpotensi menyebabkan bencana.

“Itu untuk semua tidak hanya BPBD, unsur OPD dari mulai Forkopimda, Forkopimcam, sampai dengan ke tingkat desa itu harus siap siaga. Kami imbau kepada masyarakat akan adanya bcuaca ekstrem, di perkirakan menurut BMKG itu hingga bulan Mei akhir. Jangan sampai pas kejadian kita tinggal di rumah, yang dikhawatirkan rumah kurang kuat, pohonnya besar bisa tumbang ke rumah, resikonya seperti itu,” imbuhnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.