Sekolah di Cianjur Dilarang Pungut Iuran Kenaikan Kelas

Kantor Disdikpora Cianjur. Esya | Pakar

CIANJUR – Bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Dasar (SD) yang ada dilingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Diskdikpora) Kabupaten Cianjur, dilarang memungut biaya untuk kegiatan kenaikan kelas. Meskipun pihak sekolah-sekolah tersebut, berdalih biaya pungutan kenaikan kelas tersebut, dilakukan pihak komite sekolah.


Informasi yang berhasil dihimpun, banyak sekolah-sekolah yang telah melakukan pungutan terhadap orang tua murid. Sehingga pungutan atau iuran sekolah, banyak dikeluhkan para orang tua murid SMP maupun SD. Oleh karena itu, terkait dengan pengawasan pungutan liar di lingkungan pedidikan diperlukan adanya peranan dari berbagai pihak, seperti masyarakat, intansi terkait, dan media masa.


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Diskdikpora) Kabupaten Cianjur Ruhli Solehudin menghimbau agar pihak sekolah tidak boleh melaksanaan kegiatan kenaikan kelas jika itu hasil dari memungut atau hasil iuran dari para orang tua murid.


“Memang himbauan larang agar sekolah tidak memungut biaya iuran kenaikan kelas tersebut sudah disampaikan secara tertulis maupun lisan,” kata Ruhli kepada wartawan, Minggu (19/5/2024).


Menurutnya, apabila ditemukan adanya pungutan untuk acara kenaikan kelas pihaknya akan memberikan sanksi tegas sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. “Apabila pihak sekolah mengabaikan himbauan tidak boleh memungut iuran kenaikan kelas tersebut, maka sesuai regulasi akan diberikan sanki peringatan kesatu, peringatan kedua hingga peringatan tiga sesuai dengan tingkatannya,” tegasnya.


Dia meminta agar masyarakat atau wali murid yang merasa diminta iuran untuk kegiatan kenaikan kelas agar segera melapor ke Disdikpora Kabupaten Cianjur. “Kami Diskdikpora selalu mengadakan sarana pengaduan online maupun offline dari semua komponen. Karena itu kita mita agar masyarakat juga lebih aktif,”pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.