Sekda Bingung Penularan Covid-19 di Cibinong Selalu Tinggi

Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin menyebut jika Cibinong menjadi salah satu daerah dengan tingkat penularan Covid-19 cukup tinggi.

Sebelum mengalami penurunan saat ini, angka penularan Covid-19 di Cibinong berkisar 75 hingga 95 kasus per hari. Jumlah tinggi itu terakhir terjadi pada 28 Juli 2021 dengan 87 kasus per hari.

“Cibinong itu masuk 10 besar dengan rata-rata positif Covid-19 75 sampai 95 kasus per hari. Ini saya juga bingung, karena seharusnya dengan berada di pusat pemerintahan, Cibinong bisa lebih dikendalikan,” kata Burhan, Minggu (1/8/2021).

Pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), angka penularan Covid-19 di Kabupaten Bogor sempat memuncak dengan rata-rata kasus keseluruhan 900 hingga 1.000 per hari.

Namun dalam satu minggu terakhir ini, kasus tersebut mengalami penurunan. Berdasarkan catatan tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, saat ini jumlahnya berkisar 300 hingga 600 kasus per hari.

Terakhir, kasus positif Covid-19 tertinggi di Kabupaten Bogor terjadi sekitar 24 Juli 2021 dengan 908 kasus per hari.

Penurunan kasus tersebut juga dibarengi dengan angka kesembuhan Covid-19. Salah satunya terlihat dengan jumlah keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit yang kini berkisar 63,7 persen untuk BOR Isolasi, dan BOR ICU 84,71 persen.

Begitu juga dengan tempat tidur di tempat isolasi Kemang dari 84 yang disediakan, tinggal 26 tempat tidur yang terisi.

Sementara di Wisma Cibogor dari 60 tempat tidur yang ada, kini semuanya kosong tak terisi.

“Kami harap masyarakat bekerjasama menekan angka penularan Covid-19 dengan memperketat protokol kesehatan. Saling mengingatkan demi kebaikan bersama,” jelas Burhan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.