SDS Global Mandiri Cibubur Kembali Gelar Pagelaran Akbar “Ksatria Pringgodani”

SDS Global Mandiri Cibubur menyelenggarakan pagelaran akbar memukau tahun 2024 dengan mengusung tema "Ksatria Pringgodani". IST

CIBUBUR – SDS Global Mandiri Cibubur kembali menyelenggarakan pagelaran akbar memukau tahun 2024 dengan mengusung tema “Ksatria Pringgodani” yang menceritakan kisah legendaris Gatotkaca. Gelaran ini dilaksanakan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki Jakarta, pada 15 Juni 2024.

Pagelaran tahun ini rentetan kegiatan SDS Global Mandiri Cibubur, setelah Putri Hijau (2014), Mahapralaya (2016), dan Arung Palakka (2019).

Lagelaran akbar ini melibatkan lebih dari 400 siswa dan guru yang berkolaborasi dengan Wayang Orang Bharata dan Jakarta E’ Music.

Pagelaran ini mengintegrasikan drama, tari, musik, vokal, dan paduan suara dalam sebuah pertunjukan kolosal megah. Para siswa yang terlibat dalam pagelaran ini berasal dari siswa kelas 1 hingga kelas 6 SDS Global Mandiri Cibubur yang menunjukkan penampilan terbaik mereka setelah persiapan panjang selama hampir tujuh bulan berlatih di sekolah.

“Ksatria Pringgondani” menceritakan kisah tokoh pewayangan legendaris dari Pulau Jawa Bernama Gatotkaca yang menunjukkan kepahlawanan dan pengorbanan demi memperjuangkan kebenaran di medan perang Kurusetra.

Tokoh-tokoh pewayangan populer seperti Arjuna, Bima, Yudhistira, Nakula, Sadewa hingga Gareng dan Petruk turut pula ditampilkan dengan menawan oleh siswa/i SDS Global Mandiri Cibubur.

Pagelaran ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya nasional, menyalurkan bakat dan minat siswa, melatih kedisiplinan, menumbuhkan rasa tanggung jawab, menjalin solidaritas, dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Dalam pagelaran ini, guru, siswa, dan orang tua melalui PAB (Parents Advisory Board) SDS Global Mandiri Cibubur berkolaborasi memberikan kontribusi terbaik untuk menyajikan pagelaran seni akbar.

Dr. Anna Budiatmi, M. Pd, Kepala SDS Global Mandiri Cibubur, menekankan pentingnya pelestarian seni budaya daerah, “Seni dan budaya tradisional asli daerah tidak boleh lenyap ditelan oleh gegap gempitanya seni dan budaya milik bangsa asing.

Anak-anak akan meresapi lekuk-lekuk nilai yang tersimpan dalam kesenian dan kebudayaan daerah yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Inilah salah satu landasan diadakannya pagelaran seni dan budaya di SDS Global Mandiri Cibubur,” kata Dr Anna Budiatmk

Sementara, Ardi Nursodik, ketua panitia pagelaran akbar “Ksatria Pringgondani” menambahkan, Pendidikan di sekolah bertujuan untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki oleh siswa, baik potensi akademik maupun potensi non-akademiknya.

“Selaras dengan hal tersebut, SDS Global Mandiri Cibubur tidak hanya menciptakan siswa-siswi yang unggul secara akademik, tapi juga unggul dalam bidang non-akademik. Pagelaran ini adalah salah satu wadah untuk mewujudkan tujuan tersebut,” ucap Ardi Nursodik

lebih jauh ia menjelaskan, Pagelaran akbar ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi sekolah-sekolah untuk senantiasa mengembangkan minat dan bakat siswa/i terutama dalam melestarikan budaya daerah agar tidak lenyap tertelan zaman. Masyarakat umum juga dapat meresapi keindahan warisan budaya Indonesia dengan menyaksikan pagelaran seni akbar seperti ini. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.