Satpol PP Terjunkan 435 Anggota Awasi PPKM di Tingkat Desa

Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, akan menerjunkan 435 personel ke seluruh desa dan kelurahan. Hal tersebut menyusul tugas khusus yang diberikan Bupati Ade Yasin kepada pihaknya, dalam apel bersama di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Senin (14/6/2021).

“Kami terjunkan 435 anggota, dan akan kami sebar masing-masing di 416 desa, dan 19 kelurahan untuk mengawasi pelaksanaan PPKM Mikro,” ujar Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho.

Peningkatan pengawasan yang melibatkan Satpol PP tersebut dikarenakan tingginya angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor.

Dalam dua pekan terakhir, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada peningkatan kasus. Dari sebelumnya sekitar 50 hingga 60 kasus per hari, kini trennya naik menjadi 90 hingga 95 kasus positif Covid-19 per hari.

Kata Agus Ridho, keterlibatan pihaknya adalah bagian dari tugas sebagai tim Satgas Penanganan Covid-19. “Ya mudah-mudahan dengan pola ini bisa menekan laju kenaikan Covid-19 di Kabupaten Bogor,” jelas Agus Ridho.

Namun demikian, dia memastikan jika
diterjunkannya anggota Satpol PP ini, bukan berarti seluruh kegiatan ditingkat kabupaten dihentikan. Pihaknya tetap menjalankan seluruh kegiatan kaitan penindakan pelanggaran covid-19 di tingkat kabupaten, termasuk aspek menjaga ketertiban umum.

“Untuk di wilayah kegiatan-kegiatan yang menciptakan kerumunan akan lebih terpantau dan lebih mudah ditindak karena setiap anggota diberi tanggung jawab satu desa,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Ade Yasin, memberikan tugas khusus kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Ade Yasin, menugaskan ratusan anggota Satpol PP Kabupaten Bogor untuk menjaga setiap desa dan kelurahan, memastikan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Ada 435 desa/kelurahan di Kabupaten Bogor. Satu desa diawasi oleh satu anggota Satpol PP. Harus dipastikan jika kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan tetap dilakukan,” tegas Ade Yasin. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.