Satgas Saber Pungli Jabar Soroti Maraknya Pungli di Kawasan Wisata Puncak

Kepala Bidang Ops Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, AKBP Harso Pudjohartono. Age|Pakar

CIBINONG – Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat menyebut wisata di Kabupaten Bogor menjadi salah satu kawasan pungutan liar (pungli) tertinggi, pada Selasa (28/5/2024).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Ops Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, AKBP Harso Pudjohartono bahwa pihaknya paling banyak menerima laporan pungutan liar di sektor wisata.

“Sejauh ini untuk PPDB tidak terlalu tinggi, masih didominasi oleh pungli-pungli parkir, yang kita tahu beberapa waktu lalu viral (kawasan warpat puncak,” katanya kepada PAKAR.

Ia mengaku bahwa kawasan wisata sangat tinggi kasus pungutan liar yang dialami masyarakat.

“Kawasan wisata kalau memang di sana ada pungutan yang melebihi ketentuan itu bagian dari pungli. Dan saya meminta kepada masyarakat apabila menemukan adanya peristiwa pungli ini, silahkan bisa melapor kepada kami baik yang di Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Ia menuturkan laporan itu dapat melalui kontak person, email, dan media sosial lainnya.

“Masyarakat bisa melaporkan ke kami Satgas Saber Pungli melalui kontak person, email dan media sosial lainnya. Dan kami akan segera menindak lanjutinya,” tuturnya.

AKBP Harso Pudjohartono juga menambahkan kalau pihaknya terkendala mobilisasi kendaraan untuk melakukan patroli pemantauan disejumlah wisata di kawasan Puncak Bogor.

“Kita punya mobil keliling yang di mana disitu memantau, patroli ke tiap-tiap obyek wisata yang rawan pungli. Tetapi untuk di Kabupaten Bogor sementara ini kita baru ada satu mobil, sehingga belum mencakup semuanya dan kita harapkan dari Saber Pungli Kabupaten Bogor bisa menyelenggarakan serupa untuk melakukan pemantauan di area wisata,” pungkasnya. AGE