Satgas Gakkum Dibentuk, Menkopolhukam Turun Tangan Tindak Sopir Truk Tambang Nakal

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu saat menemui Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto membahas khusus polemik tambang di Kabupaten Bogor. (Dok.Diskominfo)

CIBINONG – Polemik kegiatan usaha tambang di wilayah Parungpanjang, Kabupaten Bogor ikut disorot oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto.

Hadi itu turun gunung, membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk menindak pengendara truk tambang nakal di wilayah Parungpanjang.

“Kita akan panggil pihak terkait agar penerapan penegakan hukum ini bisa optimal dan tidak merugikan satu sama lainnya,” tegas Hadi.

Ketegasan itu diketahui telah disampaikan langsung Hadi saat menerima kunjungan Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu di kantornya, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Hadi pun mengaku siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam upaya penegakan hukum terhadap para pengendara truk angkutan tambang yang melanggar aturan.

Sementara, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengatakan, pada pertemuan tersebut, Pemkab Bogor dan Kemenko Polhukam sepakat membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penegakkan Hukum (Gakkum) untuk menindak sopir truk tambang nakal.

Menurut Asmawa, Satgas Gakkum tersebut melibatkan para pejabat pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

“Karena penanganan permasalahan jalur tambang juga truk angkutan tambang ini melibatkan beberapa wilayah tidak hanya Kabupaten Bogor saja,” ujar Asmawa dalam keterangannya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Satgas Gakkum ini akan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menegakkan Peraturan Bupati (Perbup) Bogor nomor 56 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Bogor Nomor 120 Tahun 2021 tentang Pembatasan Waktu Operasional Kendaraan Khusus Tambang pada ruas jalan Kabupaten Bogor dari pukul 22.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB.

“Penegakannya harus sinergi, dengan melibatkan banyak pihak termasuk TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan lainnya, dengan cara membentuk Satuan Tugas (Satgas) Gakkum terpadu terhadap operasional para pengendara truk tambang yang melanggar aturan,” jelas Asmawa. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.