Satgas Citarum Harum Sektor 12 Cikalongkulon Bersihkan Anak Sungai Cikundul

CIANJUR – Sampah yang berserakan dan mengotori di anak sungai Cikundul, Kampung Bunut, Desa Neglasari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, kembali mulai dilakukan pembersihan oleh Satgas Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 12 Subsektor 3 Cikalongkulon,Sabtu (31/5/2024).
Dansubsektor 3 Cikalongkulon, Sersan Mayor (Serma) Dadang Koswara, membenarkan jika pihak tengah melakukan kegiatan rutin pembersihan sungai sebagai bentuk upaya percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai (Das) Citarum sebagai mana yang tertuang didalam Perpres nomor 15 tahun 2018.


“Memang saat ini, Satgas Citarum harum Sektor 12 Subsektor 03 Cikalongkulon, tengah melaksanakan kegiatan pembersihan sampah-sampah di daerah anak sungai Cikundul di Kampung Bunut Desa Neglasari, dari sejak Jumat 30 Mei 2024 lalu,” terangnya.


Dia mengatakan jika pengendalian pencemaran sampah yang telah berhasil dibersihakn tersebut, diangkat dan dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA), agar sungai ini bersih dari sampah plastik dan lainnya. “Setelah berhasil mengangkat sampah plastik dan sampah lainnya, kemudian kami melanjutkan kegiatan dengan sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait pencemaran sampah dan tentang program Citarum Harum kepada warga setempat,” katanya.


Serma Dadang, berharap apa yang telah dilakukan Satgas Citarum Harum dapat menjadi contoh bagi para warga karena bagai manapun harus menjaga lingkungan, apalagi dengan keberhasilan program Citarum juga akan dirasakan dampaknya oleh masyarakat sendiri. “Semoga warga lebih mengerti jika kebersihan lingkungan dan sungai merupakan tanggung jawab bersama, apalagi tidak membuang sampah ke sungai tentunya ini menjadi salah satu cara untuk menjaga lingkungan apalagi untuk masa depan,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.