Santuni Yatim Piatu, JM : Pemkot Harus Bantu Fasilitas Bagi Mereka

BOGOR – Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin bersama sejumlah mahasiswa PMII dan Managing Partner Sembilan Bintang Rd. Anggi Triana Ismail, melakukan kegiatan santunan anak yatim piatu. Bekerjasama dengan Wadah Amanah Ummat, santunan digelar di Pesona Griya Indah atau saung JM, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, sekaligus cucurak bareng anak yatim menjelang bulan Ramadhan tahun 2021, Minggu (28/3/2021).

Jenal mengatakan, sangat mengapresiasi dan menyambut hangat kedatangan Wadah Amanah Ummat dibawah binaan Ibu Dede Rohani selaku pendiri yang sudah merangkul para anak yatim piatu. Menurutnya, ada rasa bangga terhadap pengelola wadah yatim piatu yang ada di Kelurahan Sindangrasa, telah berjuang dan berdikari murni swadaya masyarakat.

Selama ini, lanjut politisi Gerindra yang akrab disapa Kang JM ini, belum pernah ada bantuan hibah maupun bantuan sosial dari pemerintah, mereka tetap bertahan dan membuktikan bahwa semua bisa. Hal itu terbukti hingga akhirnya berjalan sampai bertahun tahun tanpa pengelolaan dan manajemen proporsional, artinya murni pribadi yang menjadikan rumah singgah bagi anak anak yatim piatu.

“Saya harus lebih fokus untuk mengembangkan apa yang telah dijalankan oleh Ibu Dede ini, mulai dari kepengurusan sampai legalitas payung hukum Wadah Amanah Ummat, sehingga kedepan tidak hanya donatur yang suka rela melainkan pemerintah harus turut andil membantu,” jelasnya.

Bantuan pemerintah ini, sambung Jenal, bisa seperti membangun fasilitas bagi anak-anak yatim piatu dirumah Ibu Dede, memberikan perlengkapan atau sarana prasarana pendidikan sampai biaya kebutuhan lainnya. “Saya sebagai wakil rakyat Insyaallah akan fokus mendampingi beliau untuk menempuh pembuatan legalitas badan hukum Wadah Amanah Ummat agar kedepan lebih luas cangkupannya,” katanya.

Kendati demikian, apa yang akan dilakukan Jenal bukan berarti satu konsep tanpa tujuan melainkan untuk lebih menghargai jerih payah perjuangan Ibu Dede secara swadaya terhadap para anak yatim piatu termasuk masyarakat. “Ini sudah kewajiban pemerintah untuk mendorong dan mensupport itu,” tegasnya.

Sementara itu, Ibu Dede selaku pendiri Wadah Amanah Ummat menambahkan, hari ini cucurak agenda tahunan tidak semua anak yatim piatu ikut, karena sedang pandemi juga jadi sedikit dibatasi hanya sekitar 20 orang dari total 215 orang yatim piatu yang ada di Wadah Amanah Umat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Jenal Mutaqin yang sudah menyantuni anak yatim piatu ini. Anak yatim yang dibina oleh saya ini yang benar benar membutuhkan bantuan, jika ada yang memang ekonominya masih mampu tidak dibantu, karena saya konsen ke anak anak yang kurang mampu dan butuh uluran tangan kita semua,” ungkapnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.