Sanksi Menunggu Jika Kinerja Loyo, Laporan Mingguan Pantau WFH ASN

Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin menegaskan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menerapkan Work From Home (WFH) wajib menyiapkan time line kinerja harian dan mingguan yang mesti dipenuhi oleh setiap ASN.

Burhan menjelaskan, time line tersebut disiapkan untuk mengawasi jalannya roda pemerintahan. Dimana nantinya laporan kinerja ASN tersebut, diserahkan oleh seluruh kepala dinas kepada Sekretariat Daerah.

“Laporan kinerjanya nanti harus diserahkan oleh kepala dinas kepada kami secara berkala di setiap minggunya. Ini semua kami lakukan, agar momentum WFH ini, tidak menjadi alasan loyonya kinerja ASN Kabupaten Bogor,” jelas Burhan, Senin (6/9/2021).

Pihaknya juga tak segan untuk memberikan sanksi, kepada ASN yang tidak memenuhi capaian kinerja harinya, berdasarkan time line kinerja yang sudah di buat oleh setiap SKPD.

“Sanksi tetap ada. Mulai dari sanksi teguran ringan dan teguran berat. Intinya kalau soal sanksi kami akan merujuk kepada aturan yang berlaku,” kata Burhan.

Sistem WFH sendiri masih terus berjalan khususnya di lingkup Pemkab Bogor meski saat ini sejumlah pelonggaran dilakukan pada penerapan PPKM Level 3.

Menurut Burhan, penerapan WFH kali ini tidak jauh berbeda dengan WFH pada sebelumnya, dimana dinas-dinas esensial wajib masuk atau Work From Office (WFO) 100 persen sedangkan non esensial hanya 25 persen WFO atau 75 persen masih memberlakukan WFH seperti yang tertuang dalam keputusan Bupati Bogor.

“Kami pantau setiap harinya. Meski WFH kerja harus tetap maksimal,” tegasnya.

Sementara, Bupati Bogor Ade Yasin mengungkapkan, jika pemberlakuan WFH mengingat tingginya potensi penularan covid-19 di lingkungan kantor pemerintahan. Meski begitu, lanjut Ade, masih ada sejumlah ASN yang tetap masuk kerja di kantor.

“Seperti sebelumnya, nanti yang WFH bisa bergantian. Tapi nanti jika diperlukan darurat ASN wajib datang ke kantor,” kata Ade Yasin. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.