Samisade Cair, Petani Desa Pandansari tak Lagi Cemas Suplai Air

Peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi pertanian di wilayah RW 06 Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Jumat (10/12/21). (One | Pakar)

BOGOR – Petani di Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, kini tak lagi mencemaskan pasokan air ke sawah mereka. Sebab pemerintah desa setempat sudah membangunkan saluran irigasi yang berfungsi mengairi persawahan seluas 5 hektar di Kampung Peundeuy RW 06.

Sekdes Pandansari, Ujang menjelaska  pembangunan saluran irigasi dengan panjang 900 meter dan lebar 1 meter direalisasikan melalui bantuan program Satu Miliar Satu Desa atau Samisade. Untuk pembangunannya, menghabiskan anggaran Rp934 juta lebih.

“Alhamdulillah, berkat program Samisade yang digulirkan Bupati Bogor Ade Yasin, Pemdes Pandansari bisa membangun irigasi pertanian untuk warga. Kini mereka (petani, red) tidak merasa khawatir lagi sawah mereka tidak mendapat suplai air secara maksimal,” katanya kepada wartawan daoam launching program Samisade di lokasi pembangunan irigasi pertanian RW 06 pada Jumat (10/12/12).

Kegiatan launching program Samisade dihadiri Babinsa, Babinkamtibmas, pendamping desa, BPD, perangkat desa, perwakilan Kecamatan Ciawi, serta masyarakat.

Sesuai dengan digulirkannya program Samisade oleh Bupati Bogor Ade Yasin, dia berharap para petani meningkat taraf perekonomiannya.

“Tujuanya adalah untuk meningkatkan ekonomi warga, sehingga samisade kali ini dialokosakasikan untuk pengairan sawah dan ladang. Mengingat ada sekitar 500 orang lebih yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian,” ucapnya.

Ekbang Kecamatan Ciawi Rosma berharap saluran irigasi yang dibangun bisa memberikan manfaat dan berkah bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan fasilitas yang sudah dibangun ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, khususnya petani,” katanya. =ONE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.