Sambut Hari Pahlawan, HPDKI Bogor RayaGelar Festival Ternak dan SKDG

CIBINONG – Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Bogor Raya bersama Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor bakal menggelar Festival Ternak dan Seni Ketangkasan Domba Garut (SKDG) di Lapang Panahan, Stadion Pakansari, Cibinong.

“Dalam memperingati momentum Hari Pahlawan Tahun 2023, kami dari HPDKI Bogor Raya bersama Pemkab Bogor menginisiasi gelaran Festival Ternak dan SKDG. Harapannya, semangat para peternak domba kambing, khususnya di wilayah Bogor Raya untuk breeding dan fattening domba kambing dengan genetic yang baik, tetap terjaga. Sesuai jargon giat ini, yaitu Peternak Pahlawan Bangsa,” kata Ketua Panitia, Fikri Alamsyah.

Ia mengungkapkan ajang SKDG juga terdapat dua kategori yaitu juara tangkas dan juara favorite tempur. Menurut Fikri, SKDG bakal menjadi magnet utama pada kegiatan yang menyediakan hadiah total tiga puluh juta rupiah ini.

“Sejumlah perternak dan farm di area Bogor Raya sudah menyatakan kesiapan mereka untuk mengirimkan domba terbaik mereka. Animo masyarakat juga sangat tinggi dalam menyaksikan seni ketangkasan domba garut,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua HPDKI Bogor Raya, Diaz Yudha Saputra. Secara khusus, Diaz mengimbau peternak domba kambing se-Bogor Raya untuk terus membudidayakan agar selaras dengan program pemerintah.

“Kita mengimbau agar para peternak domba kambing Bogor Raya dapat berkontribusi dan terus membudidayakan agar selaras dengan program pemerintah terutama dalam menunjang ketahanan pangan nasional,” ucapnya.

Bukan hanya itu untuk Pestok Domba terdapat berbagai nomor, yaitu Raja Kasep pungklak 4 (lokal), Ratu Bibit maksimal pungklak 4 (open), Raja Pedaging maksimal pungkal 4 (open), Raja Petet belum pungklak (lokal), Raja Petet pungklak 2 (lokal), dan kelas bebas/bobot ekstrim (lokal).

“Sedangkan untuk Pestok Kambing terdiri dari Bibit Kambing PE, Bibit Kambing Perah unggul (Cross Saanen) dan kelas kambing ekstrim. Selain festival ternak dan SKDG juga, kami menyediakan 2023 tusuk sate gratis, untuk memeriahkan kegiatan,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.