Saat Pemilihan Dilarang Bawa Handphone, Ini Penjelasan KPU

Suasana pelipatan kertas suara pemilu 2024 oleh pihak KPU Kabupaten Bogor. (Ist)

CIBINONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor melarang masyarakat atau para pemilih untuk membawa handphone ke bilik suara saat pencoblosan Pemilu serentak yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Hal itu tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Adi Kurnia mengatakan bahwa larangan membawa handphone tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya money politik dilingkungan masyarakat.

“Kalau diaturan itu tidak boleh membawa handphone dan tidak boleh didokumentasikan saat pencoblosan serentak 14 Februari 2024 nanti dan tujuannya supaya mencegah terjadinya money politik dilingkungan masyarakat,” katanya kepada PAKAR, pada 5 Februari 2024.

Ia juga menuturkan bagi masyarakat yang terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT) tidak diizinkan untuk mempublishkan atau mendekomentasikan gambar saat sedang melakukan pencoblosan:

“Karena secara prinsipnya, pencoblosan ini atau pemilihan ini harus rahasia. Jadi terkait pilihannya siapa nanti masyarakat tidak boleh dipublishkan ke siapa-siapa karena itu sudah diatur dalam undang-undang,” ungkapnya.

Adi Kurnia juga mengaku bahwa belum lama ini pihaknya telah berkoordinasi kepada para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungut Suara) untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait larangan membawa handphone saat pencoblosan nanti.

“Kemarin kita sudah mengkonfirmasi kan ke rekan-rekan KPU ke setiap tps, agar nanti para petugas kps yang akan memberitahu ke masyarakat terkait larangan membawa hp saat pencoblosan,” ungkapnya.

Bahkan ia juga menyampaikan pada saat pencoblosan juga, masyarakat dilarang mencoblos menggunakan alat lain, seperti tangan atau rokok.

“Terkait pencoblosan nanti kita sudah membuat larangan, seperti tidak boleh mencoblos menggunakan alat lain baik menggunakan tangan atau pakai rokok cuma diperbolehkan menggunakan alat coblos yang sudah disiapkan oleh tps masing-masing,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.