Rumah Warga di Cimande Terbawa Longsor, Begini Kondisinya

Beginilah kondisi rumah warga di Cimande Hilir yang terbawa longsor. (Ist)

CARINGIN  – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kecamatan Caringin pada Minggu sore mengakibatkan terjadinya longsor  yang menimpa rumah warga di Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin. Longsor yang terjadi sekitar pukul 17.40 WIB dan mengakibatkan kerusakan pada bagian belakang milik Iin salah satu warga. Bahkan dihimbau agar mengungsi ketempat yang lebih aman.


Kapolsek Caringin AKP Hendra Kurnia menjelaskan terkait peristiwa Adanya Rumah yang terdampak longsor tersebut milik Iin (64), seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Kp. Cimande Hilir RT 05/02. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian materi diperkirakan mencapai sekitar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah).


“Kami sudah melakukan pengecekan dan membantu pemilik rumah untuk memindahkan barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Selain itu, kami juga memberikan himbauan kepada pemilik rumah agar tidak menempati rumahnya demi keselamatan,” ujar AKP Hendra kepada Pakar.


Dia menambahkan, pihaknya menerjunkan personil yang piket Pawas Polsek Caringin IPDA Solehudin dan Bhabinkamtibmas Desa Cimande Hilir Aipda Dery CP turut serta dalam penanganan awal di lokasi. Mereka juga berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa untuk langkah penanganan lebih lanjut.


“Keberadaan aparat keamanan dan pemerintah desa di lokasi kejadian memberikan dukungan moril bagi warga yang terdampak. Kami akan terus memantau kondisi di sini dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut,” ujarnya.


Meskipun longsor ini tidak menimbulkan korban jiwa, kata dia,  warga diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi bencana serupa, terutama di musim hujan seperti sekarang ini. Pemerintah desa juga diharapkan dapat segera mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang, sampai dengan berita ini di turunkan situasi masih terkendali dan akan terus dilakukan pengecekan apabila ada longsor susulan.


“Alhamdulillah kalau korban jiwa tidak ada, namun kami berikan himbaan kepada warga untuk selalu waspada disaat hujan deras, atau angin kencang untuk mengurangi resiko bencana,” pintanya.


Andriansyah kasi Trantib Kecamatan Caringin membenarkan, kejadian tersebut pada minggu yang menimpa salah milik salah seorang warga. Selain itu tambah dia, wilayah Caringin salah satu masuk zona rawan bencana longsor dan angin Kencang sehingga pihaknya meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan bencana.


“Kami bersama personil polsek melakukan pengecekan kelokasi bencana, alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Hanya saja bagian belakang milik bu Iin, makanya kami minta rt rw agar waspada dan melaporkan saat ada kejadian bencana, dan yang bersangkutan untuk mengungsi kelokasi yang lebih aman,” pintanya. UJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.