Rumah dan Kolam Ikan di Babakan Ciseeng Terendam Banjir

Inilah kondisi banjir yang melanda kawasan Kecamatan Ciseeng dan sekitarnya. Firman | Pakar

CISEENG – Hujan deras yang turun di sejumlah wilayah bagian utara Kabupaten Bogor pada hari Rabu (29/11) sore hingga malam hari, mengakibatkan musibah bencana banjir yang melanda rumah, kolam ternak ikan dan lahan pertanian.

Salah satu wilayah terdampak itu adala Desa Babakan Kecamatan Ciseeng. Di daerah ini, ada sekitar 5 lebih rumah warga serta ratusan kolam ternak ikan hias dan ikan konsumsi juga laham pertanian yang terendam air.

“Di Kampung Babakan Tengah RT 7 RW 3 Desa Babakan ada sekitar 5 sampai 7 rumah warga terendam air sekitar 30 sentimeter. Hingga siang ini, air masih belum surut,” ucap Bahudin HS, seorang warga sekitar, Kamis (30/11/2023).

Ia mengungkapkan, banjir tersebut terjadi setelah turun hujan deras selama beberapa jam sehingga volume air tidak tertampung oleh saluran air (solokan) dan meluap.

“Terlebih solokan tidak layak dan terkikis oleh pembangunan dari gedung sekolah milik sebuah yayasan pendidikan,” jelasnya.

Selain banjir yang terjadi di rumah warga, lanjutnya, luapan air juga terjadi di sepanjang bantaran kali Cibeuteung yang berakibat ratusan kolam ternak ikan dan sawah milik warga terendam banjir.

“Diantaranya di Kampung Babakan Sabrang, Babakan Kulon dan juga beberapa kampung lainnya. Akibat banjir itu, petani ikan hias dan ikan konsumsi dipastikan merugi,” ucap Bahudin.

Adanya musibah banjir tersebut juga diungkapkan seorang warga bernama Alek yang juga memiliki kolam ternak ikan di Kampung Babakan Kulon, Desa Babakan.

“Iya hujan deras dan ditambah kiriman air dari hulu, sehingga kali Cibeuteung meluap dan banjir. Saya rugi lumayan banyak, sebab ikan hias dan ikan gurame yang di empang (kolam) jebol terbawa air,” tukasnya. FIR/FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.