Rumah Bilik dan Alas Tanah Masih Menghiasi Desa Ini

Salah satu rumah tidak layak huni di Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk. Yusman | Pakar

CIJERUK – Bangunan rumah kayu dengan alas tanah dan dinding bilik masih menghiasi Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Bukan karena para pemilik mempertahankan kondisi bangunan seperti itu, tapi karena para pemilik rumah tersebut belum tersentuh bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Rumah dengan katagori tidak layak huni ini tersebar di beberapa Rukun Tetangga di desa tersebut

Kepala Desa Palasari, Aip Syaripudin mengatakan, ada puluhan rumah dengan kontruksi gaya lama di desanya ini. Mereka memang rata-rata warga tidak mampu.

“Masih banyak rumah tidak layak huni khususnya yang bangunannya dari kayu dan bilik,” ujar Aip kepada wartawan, Senin (1/3/2021).

Lanjut dia, program Rumah Tidak Layak Huni berjalan seperti biasa. Hanya saja, karena jumlahnya cukup banyak, Rutilahu di desanya masih belum tuntas.

“Masih belum tuntas, saya sih ingin cepat selesai Rutilahu ini,” ungkapnya.

Sejumlah upaya terus dilakukan untuk mengentaskan Rutilahu ini. Ia berharap, ada bantuan dari luar Pemkab yang bisa menyelesaikan Rutilahu di desanya.

“Target saya tahun depan harus selesai, saya coba cari peluang di tingkat provinsi maupun pemerintah pusat,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.