RSUD Ciawi Mendapat Penghargaan Pelayanan Terbaik Se-Kabupaten Bogor 2021

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Ondrio Nas saat memberikan penghargaan ek Direktur Utama RSUD Ciawi dr Tsani Musyafa. IST

CIAWI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Cibinong kembali memberikan penghargaan FKRTL kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi sebagai rumah sakit paling berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik.

Penganugerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Ondrio Nas yang didampingi jajaran BPJS Kesehatan Cabang Cibinong kepada Direktur RSUD Ciawi dr. Mohammad Tsani Musyafa, M.Kes, Sp.OT yang juga didampingi jajaran Civitas Hospitalia RSUD Ciawi di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cibinong.

Dalam kesempatan tersebut Direktur RSUD Ciawi, dr. Mohammad Tsani Musyafa, menjelaskan, BPJS Kesehatan menyelenggarakan acara tahunan yaitu Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan yang diantaranya memberikan BPJS AWARDS kepada fasilitas kesehatan.

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari BPJS Kesehatan kepada fasilitas kesehatan yang telah bekerjasama baik Tingkat Pertama maupun Rujukan Tingkat Lanjut yang memenuhi kriteria terbaik menurut penilaian sesuai standar BPJS Kesehatan dan juga Tim Penilai lain yang terdiri dari Dinas Kesehatan, IDI, Asosiasi dan Perhimpunan Klinik.

“Alhamdulillah wasyukurillah RSUD Ciawi mendapatkan penilaian terbaik dari BPJS Kesehatan Cabang Cibinong sebagai Rumah Sakit FKRTL Terbaik 2021 kriteria Rumah Sakit Tipe B di Kabupaten Bogor” ujarnya seusai mengikuti acara pemberian penghargaan BPJS Awards tersebut.

Tsani menyampaikan, bahwa tahun ini adalah tahun ke-2 Pandemi Covid-19, dimana fasilitas kesehatan terutama Rumah Sakit merupakan fasiltas umum yang paling banyak mendapatkan ujian tentang komitmen pelayanan.

Sehingga, sambung dia, akan terlihat bagaimana pemberian pelayanan yang sepenuhnya diberikan oleh sebuah layanan rumah sakit, dan mendapatkan penghargaan di tengah Pandemi adalah sesuatu hal yang patut disyukuri dengan cara yang terbaik yaitu meningkatkan lagi pelayanan yang sudah diberikan sebelumnya.

Kriteria yang dinilai oleh BPJS Kesehatan diantaranya adalah, profil layanan terbaik, dimana dalam hal ini RSUD Ciawi dinilai oleh BPJS Kesehatan memiliki layanan yang kompleks dan terbaik menurut BPJS Kesehatan baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Hal ini tidak lepas dari perhatian Ibu Bupati dan Bapak Wakil Bupati serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor yang telah memberikan dukungan, support dan perhatian yang besar kepada RSUD Ciawi dalam memberikan pelayanan terbaik sebagai RS Tipe B Pendidikan dan RS Rujukan Regional Provinsi Jawa Barat.” ungkapnya.

Kemudian kriteria penilaian berikutnya adalah profil layanan yang memanfaatkan antrian online yang terkoneksi dengan Mobile JKN. Dengan sistem online seperti ini masyarakat bisa mengakses keberadaan dan ketersediaan Tempat Tidur di RSUD Ciawi dan juga layanan lainnya seperti layanan ruang intensive.

“Masyarakat bisa membuka aplikasi untuk mengetahui ketersediaan tempat tidur yang kosong, baik untuk dewasa maupun anak, bahkan ruang ICU atau ICVCU dan layanan lainnya” tuturnya.

Kriteria penilaian selanjutnya adalah PRB (Program Rujuk Balik), dalam hal ini RSUD Ciawi mendapatkan nilai tertinggi dalam program tersebut, PRB merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondsisi stabil dan masih memerlukan pengobatan maupun asuhan keperawatan yang dilaksanakan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) atas rekomendasi dari dokter spesialis atau subspesialis di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKRTL) seperti RSUD Ciawi.

Diharapkan, nilai tinggi PRB ini tetap dipertahankan, sehingga pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS terus dapat dilaksanakan.

Selanjutnya soal kriteria penilaian Inovasi dalam pelayanan, dalam hal ini RSUD Ciawi mampu berinovasi dalam memberikan pelayanan terutama pelayanan manajemen nyeri dalam bentuk Instalasi Manajemen Nyeri (i-Mani) atau Instalasi Manajemen Nyeri rumah sakit pertama di Indonesia dengan nama branding Bogor Pain Center, dimana hal ini sudah dilaksanakan adendum kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong yang dalam kesempatan adendum kerjasama tersebut juga dihadiri oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jabodetabek yaitu drg. Bona Evita, AAK didampingi oleh 13 Kepala Cabang BPJS Kesehatan di wilayah Jabodetabek.

“Semoga mampu menambah nilai kemanfaatan rumah sakit bagi seluruh lapisan masyarakat,” terangnya.

Lanjut Tsani, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak. “Penghargaan ini saya persembahkan untuk kita semua, kita bukan Superman, namun kita adalah Super Tim yang harus saling mendukung dan saling bekerjasama dalam memberikan pelayanan terbaik, terutama untuk jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor dan seluruh Civitas Hospitalia tercinta RSUD Ciawi yang dengan terus semangat memberikan nilai kemanfaatan dan kebaikan bagi masyarakat dan semoga semua ini menjadi amal kebaikan dan amal jariyah bagi kita semua, aamiin,” tandasnya. =YUS/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.